Sungai Raya (Antara Kalbar) - Bupati Kubu Raya, Kalbar, Rusman Ali melepas 23 Qori dan Qoriah yang mewakili Kubu Raya menjadi kontingen kafilah STQ Kalbar XXIII.

"Saya harapkan para kontingen Kubu Raya bisa mempersiapkan diri dengan baik, agar bisa maksimal saat pelaksanaan STQ Kalbar nantinya," kata Rusman Ali di Sungai Raya, Rabu.

Dalam kesempatan tersebut, Rusman Ali menjanjikan akan memberikan bonus kepada qori dan qoriah yang mengharumkan nama Kubu Raya. Dia mengatakan, jika kontingen Kubu Raya mendapatkan juara umum dalam STQ ataupun MTQ tingkat Kalbar yang akan datang, maka yang memperoleh juara 1 akan diberi bonus berangkat haji dan beasiswa.

"Tapi kalaupun tidak juara umum, kita akan tetap menghargai usaha mereka dengan memberikan hadiah uang tunai sebesar Rp15 juta untuk juara 1, Rp10 juta untuk juara dua dan Rp7,5 juta untuk juara tiga dan semuanya tetap diberikan bea siswa.

Kebijakan tersebut kata dia, agar kader Qori dan Qoriah tidak berpaling dari Kubu Raya karena� iming- iming kabupaten/kota lain.

"Kita punya potensi, tapi kita lengah untuk membinanya, berarti kita tidak mau berjuang untuk Kubu Raya. Oleh sebab itu dalam membangun generasi Qurani sangat erat hubungannya dengan program revolusi mental yang sedang digulirkan oleh pemerintah, karenanya kita harus serius untuk hal ini," tuturnya.

Rusman Ali menambahkan, hal itu menjadi tanggung jawab kita bersama, sehingga peran para pimpinan SKPD sangat diperlukan, dengan cara adanya pendampingan kontingen yang terjadwal dengan surat tugas.

"Langkah ini merupakan wujud nyata sekaligus komitmen pemerintah dalam mendukung even keagamaan ini," katanya.

Ditempat yang sama, ketua tim STQ Kubu Raya, HM.Ismail Kasim mengatakan jumlah Qori dan Qoriah Kubu Raya sebanyak 23 orang yang akan mengikuti perhelatan STQ tingkat provinsi yang meliputi 3 cabang perlombaan terdiri dari cabang tilawah, tahfiz dan tafsir Quran .

Pada kesempatan lain Kakan Kemenag Kubu Raya, Muzazi Bermawi menyebutkan bahwa Kabupatan Kubu Raya adalah gudangnya qori dan qoriah. Hanya saja, selama ini, mereka selalu diambil oleh kabupaten lain untuk setiap even STQ maupun MTQ.

"Makanya, mulai sekarang sudah harus dijaga dan dibina agar qori dan qoriah Kubu Raya tidak diambil daerah lain," kata Muzazi.

(KR-RDO/N005)

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015