Pontianak (Antara Kalbar) - Dengan konsep yang berbeda, Orchardz Gajahmada Hotel memperkenalkan wajah barunya ke hadapan publik, Jumat (8/5). Dengan desain yang baru, hotel yang terletak di lokasi yang sangat strategis ini, tepatnya di bilangan Jalan Gajahmada Pontianak, kini tampil lebih elegan dan memukau di seluruh bagian interior dan eksterior.
    
Sesuai dengan tema utama, "Metamorfosis the new Orchardz Hotel", perubahan bentuk Orchadz Gajahmada Hotel Pontianak mengundang decak kagum undangan yang hadir baik dari kalangan pemerintahan, mitra kerja, pemangku kepentingan hingga media massa.
   
 Menurut Area General Manajer Orchardz Hotel Pontianak, Kholid Basyaiban, selain mengenalkan sosok baru dari hotel tersebut ke undangan dan publik, pihaknya juga mengucapkan rasa syukur atas hampir rampungnya pembangunan hotel yang sudah dimulai tahun lalu itu.
    
Diakuinya, dengan berbagai perubahan itu, peningkatan pelayanan menjadi standar mutlak bagi pihaknya dalam menggaet pelanggan dan tamu untuk betah di hotel tersebut.  
    
"Terobosan harus dilakukan, terutama bagaimana hotel ini menjadi hotel pilihan bagi tamu yang datang. Kita akui, pembangunan sejumlah hotel baru di Pontianak sangat pesat dan ini menjadi tantangan bagi hotel kami terus berbenah. Pelayanan maksimal pun menjadi hal yang wajib kita terapkan," paparnya.
    
Saat ini, Orchardz Gajahmada Hotel memiliki 231 kamar dengan lima tipe yang berbeda. Area ballroom utama untuk pertemuan besar mampu menampung 1.500 orang, disediakan untuk menambah kenyamanan.
    
Tersedia pula fasilitas lain seperti ruang bermain anak, kids club, hingga fitness centre yang merupakan bagian dari layanan Orchardz Hotel.
    
Sementara untuk interior, baik lobby hotel hingga area makan tampak serasi dengan warna coklat yang soft. Dengan aplikasi gaya kontemporer modern, hampir di semua sudut ruangan hotel terdapat sentuhan elegan yang terasa akrab, santai dan nyaman.
    
"Kesan ini yang ingin kita timbulkan kepada tamu. Serasa di rumah sendiri, nyaman dan santai," ucapnya.
    
Sementara Ketua Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia Kalbar, Yuliardi Qamal mengungkapkan, saat ini persaingan hotel cukup kompetitif. Tidak heran, sejumlah hotel terus meningkatkan fasilitas yang ada, baik merenovasi ulang hotel, pelayanan tambahan, banjir promo hingga diskon menggiurkan.
    
"Hotel mulai bertambah, mau tidak mau di situ ada persaingan yang mengharuskan inovasi dan kreasi hotel-hotel mutlak dilakukan. Pelayanan dan fasilitas lengkap umumnya menjadi pilihan tamu saat memilih hotel, selain akses yang mudah ke pusat destinasi," paparnya.
    
Namun, yang menjadi kendala adalah area destinasi yang ada di Kota Pontianak masih sedikit. Ini pun  mendorong PHRI berupaya keras agar berbagai promo yang dilakukan hotel bisa menarik minat konsumen.
    
"Destinasi yang sedikit menjadi kendala semua pengelola hotel.  Kita harus berpikir keras, apa yang kita jual jika ingin membuat pelanggan kita betah sementara tujuan wisata berupa objek sedikit dan itu pun belum tertata baik," ujar dia.
    
Ini pun menjadi kesulitan pengelola hotel dalam memberikan layanan kepada tamu yang datang berkunjung. Ke depan ia berharap pemerintah lebih peka dalam mengurus dan memaksimalkan destinasi wisata yang ada sehingga ini menjadi nilai plus untuk menarik minat pengunjung datang ke Pontianak.

Pewarta: Wati Susilawati

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015