Sekadau ( Antara Kalbar ) - Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kalimantan Barat kembali mengadakan kejurda pencak silat tingkat provinsi.
   
Sekadau kali imi didapuk sebagai menjadi tuan rumah yang akan dilangsungkan di lapangan futsal Penanjung Island mulai 11 - 14 mei 2015 mendatang.
   
Cabang olahraga yang memacukan gerak seni dan beladiri ini merupakan salah satu cabang olahraga unggulan di Kalbar, khususnya Kabupaten Sekadau.
   
"Kabupaten Sekadau adalah salah satu daerah yang cukup berprestasi di cabang olahraga pencak silat baik atlitnya maupun kepengurusannya. Ini kejurda pertama di Sekadau,” ujar Ketua Umum IPSI Kalbar, Sutopo di Sekadau, Minggu.
   
Seperti yang diketahui jika pencak silat kerap mendulang prestasi dalam berbagai event kejuaraan tingkat regional. Karena itu, cabang olahraga ini terus dipacu agar mampu bersaing dengan daerah lain. Salah satu upaya memupuk pencak silat adalah dengan penyelenggaraan kejuaraan daerah (kejurda).
   
"Kejurda, tak hanya sebagai ajang adu bakat para atlit lokal. Momen ini juga dimanfaatkan untuk menjaring atlit-atlit terbaik untuk diboyong ke event yang lebih besar berskala nasional," paparnya lebih lanjut.
   
Dia juga menjelaskan, 14 kabupaten/kota dipastikan berpartisipasi dalam event akbar ini. Masing-masing daerah akan menurunkan atlit-atlit terbaiknya.
   
"Dalam kejurda tahun ini, ada pertandingan yang dilombakan meliputi kelas putra A sampai J dan putri kelas A sampai F. Nanti sekalian jaring atlit untuk ikut pra PON bulan November nanti. Yang lolos barulah diikutkan dalam PON tahun depan,” tutur Sutopo.
   
Sementara itu, Ketua IPSI Sekadau Apin menegaskan Sebagai tuan rumah, Kabupaten Sekadau tentu tak ingin sekedar meramaikan Kejurda pencak silat. Agar mampu meraih prestasi, atlit-atlit andalan akan diturunkan.
   
"Kami menurunkan 11 atlit untuk semua kelas. Kalau bicara target, pasti semua ingin emas. Tapi kami tidak ingin membenai atlit dengan target, yang pasti harus berusaha semaksimal mungkin," pungkasnya.

Pewarta: Arkadius Gansi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015