Sekadau ( Antara Kalbar ) - Lapangan futsal Penanjung Island Sekadau sontak ramai dikunjungi warga yang ingin menyaksikan ratusan orang yang mengenakan seragam khas pencak silat.

"Agar para atlit yang notabene berasal dari berbagai daerah dapat menjaga kesehatan dan cepat beradaptasi dengan lingkungan selama berada di Sekadau," ungkap Wakil Bupati Sekadau, Rupinus yang juga didaulat membuka acara tersebut beserta beberapa orang pimpinan satuan kerja perangkat daerah Kabupaten Sekadau.

Hari ini adalah hari pertama pelaksanaan kejuaraan daerah (kejurda) pencak silat tingkat provinsi Kalbar tahun 2015. Kabupaten Sekadau dipercaya menjadi tuan rumah perhelatan akbar itu. Pencak silat belakangan ini menjadi salah satu cabang olahraga unggulan Kabupaten Sekadau.

“Kalau tubuh sehat, pasti bisa bertanding dengan maksimal. Utamakan sportivitas, kalah dan menang biasa dalam pertandingan, yang penting bertanding dengan adil,” pesan Rupinus.

Sementara itu, Apin, ketua Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kabupaten Sekadau ketika dikonfirmasi menyatakan setidaknya ada 160 orang atlit yang ikut berpartisipasi dalam event ini. Mereka akan dibagi dalam kelompok putra dan putri. Untuk pertandingan sendiri, di cabang putra akan dipentaskan pertarungan di kelas A sampai J. Sedangkan cabang putri akan dipertandingkan di kelas A sampai F.

“Selain tarung, juga ada kelas seni. Dan Sebagai tuan rumah, Kabupaten Sekadau tentu tak ingin sekedar meramaikan Kejurda pencak silat ini. Agar mampu meraih prestasi, atlit-atlit andalan akan diturunkan. Atlit yang akan diturunkan adalah atlit unggulan yang punya kemampuan mumpuni," paparnya.

Dia melanjutkan, Kami menurunkan 11 atlit untuk semua kelas. Kalau bicara target, pasti semua ingin emas. Tapi kami tidak ingin membenai atlit dengan target, yang pasti harus berusaha semaksimal mungkin.

"Selain sebagai event rutin, Kejurda kali ini juga sekaligus dimanfaatkan untuk menyeleksi atlit-atlit berbakat untuk diboyong dalam seleksi pra PON bulan november mendatang di Kalimantan Timur," pungkasnya.

Pewarta: Arkadius Gansi

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015