Sekadau (Antara Kalbar) - Tunjangan guru agama Katolik se-Kabupaten Sekadau diperkirakan akan cair pada September-Oktober tahun ini, menyusul penjelasan Dirjen Bimas Katolik yang menyatakan tunjangan tersebut akan dicairkan bersamaan APBN Perubahan.

"Kami menemui Dirjen Bimas Katolik langsung, Pak Eusabius Binsasi. Beliau menyatakan TPG guru agama Katolik di Sekadau akan dicairkan bersamaan APBN Perubahan, lebih kurang bulan September-Oktober tahun ini. Ini patut ditunggu realisasinya," ungkap Ketua komisi C DPRD Sekadau, Paulus Subarno.

Pernyataan tersebut tampaknya membuat lega para guru agama Katolik di Sekadau, pasalnya sejaktahun 2013, tunjangan tersebut tidak pernah cair. Bahkan tunggakan TPG berlanjut hingga tahun 2014.

Jika diestimasi, tunggakan tunjangan untuk guru-guru Agama Katolik di Kabupaten Sekadau mencapai angka Rp1,331 miliar.

Mereka yang belum menerima tunjangan itu, terdiri dari 181 guru Agama Katolik PNS Pemerintah Daerah serta 23 guru PNS dari Kementerian Agama. Masing-masing guru punya nilai tunjangan yang berbeda. Ada yang di atas Rp2 juta per bulan, ada pula yang mendekati Rp4 juta.

Hasil kunjungan kerja Komisi C DPRD Kabupaten Sekadau ke Kementerian Pendidikan baru-baru ini diperoleh kabar yang menyatakan TPG di Kabupaten Sekadau akan dicairkan dalam waktu dekat.

"Kemendikbud sendiri mengalokasikan anggaran sebesar Rp4,275 miliar dalam APBN untuk Kabupaten Sekadau pada tahun 2015. Uang sebanyak itu sebagian dialokasikan untuk menutupi tunggakan TPG guru Agama Katolik yang belum terbayarkan sejak dua tahun lalu.

"Ya bayar tunggakannya dari situ, lainnya untuk operasional dan keperluan lain. Mudah-mudahan tidak meleset," ujar Paulus Subarno. (Gansi/N005)

Pewarta: Gansi

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015