Sanggau (Antara Kalbar) - Raja Sanggau Pangeran Ratu Surya Negara Drs H Gusti Arman M Si mendorong Pemkab Sanggau mengembangkan destinasi pariwisata unggulan sebagai salah satu upaya untuk menciptakan lapangan kerja yang memicu pertumbuhan ekonomi masyarakat.

"Kita siap mendorong Pemkab Sanggau untuk mengembangkan objek-objek wisata di Kabupaten Sanggau, agar dikelola secara optimal. Nantinya, bisa membuat lapangan kerja baru dan bermanfaat bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat," ujar pria yang akrab disapa Pak Teh ini saat dihubungi di Sanggau, Sabtu.

Untuk memuluskan langkah itu, menurut Arman, Pemkab Sanggau bisa menggandeng pihak ketiga untuk mengelola objek wisata yang ada seperti kawasan permandian air Pancur Aji.

"Jadi banyak upaya yang bisa dilaksanakan, salah satunya kerjasama dengan pihak ketiga dalam pengelolaan objek wisata yang ada, seperti Pancur Aji itu," ungkap bapak empat putri ini.

Arman optimistis, jika dalam pengembangan kawasan wisata Pancur Aji ini menjadi destinasi wisata unggulan di Kabupaten Sanggau, nantinya akan banyak memberikan dampak positif.

"Jelas akan mampu merealisasikan keinginan Pemkab Sanggau untuk menaikkan minat kunjungan pariwisata serta target pendapatan asli daerah (PAD) dari kawasan Pancur Aji itu," papar pria berkumis tebal ini.

Menurut Arman, kawasan wisata Pancur Aji sudah mempunyai nama mendunia hanya saja belum menjadi alternatif pilihan para wisatawan sehingga pengembangannya harus benar-benar diseriusi agar bisa menjadi destinasi wisata yang diinginkan.

"Nah, kalau ini sudah dilaksanakan, jelas akan mampu menarik minat kunjungan wisatawan domestik dan manca negara, apalagi terdapat sumber air terjun yang sulit ditemukan di tempat lain," tuturnya.

Ditambahkan Arman, Pancur Aji memiliki kekhasan sebagai objek wisata, berada di tak jauh dari Kota Sanggau dan memiliki ruang terbuka hijau yang sangat luas dan bisa dilengkapi berbagai sarana termasuk kolam renang dan arena permainan anak-anak.

Intinya, tegas Arman, pihaknya siap mendukung Pemkab Sanggau untuk pengembangan dan pengoptimalan pengelolaan kawasan Pancur Aji Sanggau menjadi sebuah objek wisata yang bisa memancing minat para wisatawan agar berbondong-bondong datang berkunjung.

Diketahui, Pancur Aji ini merupakan salah satu tempat wisata alam yang menjadi kebanggaan Kabupaten Sanggau.

Selain itu, Pancur Aji ini menawarkan wisata pesona air perbukitan seperti Sungai Merobu, Engkuli, Bayu, Kenian, Setapang, Mongan dan Sungai Mawang.

Objek wisata ini hanya berjarak sekitar 4 kilometer (Km) dari Kota Sanggau dan dapat ditempuh dengan kendaraan roda dua atau roda empat.

Pewarta: M Khusyairi

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015