Sintang (Antara Kalbar) - Bupati Sintang Milton Crosby dalam berbagai kesempatan selalu memberikan dorongan, motivasi dan harapan kepada para penyuluh dan para petani agar berusaha keras memanfaatkan teknologi tepat guna untuk memenuhi kebutuhan akan pangan di Kabupaten Sintang.
    
"Krisis pangan yang menghantui dunia akibat pemanasan global dan ledakan jumlah penduduk harus disambut dengan inovasi dan terobosan yang jitu untuk memenuhi kebutuhan akan pangan," kata Milton Crosby.
    
Pada Hari Kesatuan Gerak PKK, Hari Pertasi Kencana, Pencanangan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat dan Hari Pangan Sedunia  tingkat Provinsi Kalbar di Kubu Raya, Kabupaten Sintang turut serta. Bupati Milton pun hadir di ajang yang dibuka oleh Gubernur Kalbar Cornelis itu.
   
 Badan Pelaksana Penyuluh Pertanian, Perikanan, Kehutanan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Sintang mengusung percontohan cetak sawah yang sudah dilaksanakan di Kabupaten Sintang selama ini.
    
"Kami memajang miniatur jaringan irigasi tersier yang dipadukan dengan sistem persawahan hazton, jajar legowo (jarwo), pandawa lima dan system of rice intensification (SRI) serta menyediakan leaflet informasi pertanian, perikanan dan kehutanan di Kabupten Sintang," tutur Nicodemus, salah satu anggota tim Kabupaten Sintang.
    
Selain itu, sudah ada tim yang akan mengikuti berbagai jenis perlombaan teknologi tepat guna yang berhasil ditemukan dan diinovasi oleh para penyuluh.
    
Para penyuluh juga sudah memperkenalkan pola tanam hazton, dengan sistem bibit yang ingin ditanam tidak dibagi-bagi dan langsung ditanam hingga mencapai 20-25 tanaman dan sistem pencabutannya dari tempat pembibitan harus hati-hati usahakan akarnya tidak banyak putus.
   
 Pola tanam ini bisa dipakai untuk semua varietas dan bisa tumbuh baik meski di lahan basah maupun kering. Padi akan masak serentak hingga akan memudahkan petani karena tidak memanen hingga dua kali.
    
Banyak hal yang memengaruhi proses meningkatnya produksi padi, mulai dari penggunaan bibit unggul, pemupukan yang tepat sasaran, pengairan yang tepat, pengendalian hama penyakit, dan lain sebagainya.
   
 Pada saat ini ada cara yang bisa ditempuh oleh petani dalam proses meningkatkan produksi padi salah satu yang bisa dipilih yaitu dengan cara tanam padi dengan sistem jajar legowo.
    
Tujuan utama dari tanam padi dengan Sistem Jajar Legowo yaitu meningkatkan populasi tanaman dengan cara mengatur jarak tanam dan memanipulasi lokasi dari tanaman yang seolah-olah tanaman padi berada di pinggir atau seolah-olah tanaman lebih banyak berada di pinggir.
    
Sementara S.R.I. adalah teknik budidaya padi yang mampu meningkatkan produktivitas padi dengan cara mengubah pengelolaan tanaman, tanah, air, dan unsur hara. Metode S.R.I. ini terbukti telah berhasil meningkatkan produktivitas padi sebesar 50 persen bahkan di beberapa tempat mencapai lebih dari 100 persen.
    
Sementara Stand TP PKK Kabupaten Sintang memajang aneka makanan khas Kabupaten Sintang yang merupakan hasil kerajinan dan industri rumah tangga masyarakat Kabupaten Sintang. PKK Kabupaten Sintang juga membawa langsung perajin tenun ikat Dayak beserta alat tenunnya.

Pewarta: Faiz

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015