Ketapang (Antara Kalbar) - Asosiasi Batu Kecubung Ketapang dan Pemerintah Kabupaten Ketapang akan menggelar "Kemilau Kecubung Ketapang 2015" pada Juni mendatang di Pendopo Bupati.
    Menurut Ketua Asosiasi Batu kecubung Ketapang Riza Fauzan, Ketapang dikenal sebagai penghasil kecubung yang terbaik di Kalimantan Barat khususnya Ketapang. "Sekaligus, mempromosikan batu kecubung lewat pariwisata supaya bisa diangkat ketingkat nasional dan internasional," kata Riza.
    Lebih lanjut Riza menambahkan, pameran kecubung ini baru kali pertama diadakan di Kota Ketapang, yang mana sebelumnya Kota Pontianak dan Singkawang.
    Riza menambahkan, melalui kerjasama ini, selain panitia menyediakan stand skitar 70 unit secara gratis, nanti di setiap kecamatan yang ada penghasil kecubung seperti Manis Mata, Air Upas, Marau, Tayap, akan mengisi stand-stand pameran itu.
    Pameran batu kecubung ini tidak hanya tingkat kabupaten dan provinsi, melainkan juga sampai ke Jakarta.
    Untuk tingkat kontes batu kecubung juga dilakukan berbagai kategori yaitu, kelas ungu, bulu merah, biru laut,kuning bensin dll. Tujuannya untuk menarik minat para pecinta batu skala nasional untuk ikut pameran, dan sekaligus melihat sumber batu kecubung yang ada di Ketapang.
    Terbentuknya Asosiasi Batu Kecubung serta pameran ini sangat mendukung sekali bagi  usaha kecil dan pengrajin batu yang ada di Kabupaten Ketapang. Mengingat batu-batu kecubung asal Ketapang yang sangat diminati masyarakat luas ini bisa diangkat dan dilestarikan baik sebagai oleh-oleh maupun perhiasan.

Pewarta: John

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015