Jakarta (Antara Kalbar) - Sebanyak 24 perempuan pengusaha Indonesia menerima penghargaan Anugerah Perempuan Indonesia 2015 yang diserahkan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Yembise, di Jakarta, Kamis.

Menteri Yohana dalam acara itu menuturkan penghargaan tersebut merupakan bentuk apresiasi atas kiprah perempuan yang semakin berkembang, khususnya di sektor ekonomi.

"Sebenarnya peran perempuan di sektor ekonomi sekarang ini cukup berarti, hanya seringkali kegiatan ekonomi yang dilakukan lebih bersifat informal dan tidak tercatat dalam statistik," ujar dia.

Dengan penghargaan tersebut, Menteri Yohana berharap ke depan penerima penghargaan terus berperan dalam mengangkat dan membantu perempuan di Indonesia yang membutuhkan bantuan melalui bidang ekonomi.

"Saya mengharapkan para penerima bekerja sama dengan Kementerian PP dan PA untuk melihat mereka yang membutuhkan perhatian khusus dan membantu. Itulah sebenarnya nilai penghargaan ini," tutur dia.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Dewan Juri API 2015 Kusuma Prabandari mengatakan peraih penghargaan diharapkan ke depan dapat menjadi motivator dan penggerak perempuan lainnya.

Sementara untuk penilaian, Kusuma mengatakan dinilai dari masa tugas, peningkatan karier, omzet dan aset serta sikap diri, di organisasi, di lingkungan dan di keluarga.

"Dinilai juga bagaimana kiprahnya sebagai kekuatan kearifan dan identitas bangsa dan pandangan dan kegiatannya dalam perlindungan aset bangsa," kata dia.

Anugerah Perempuan Indonesia 2015 diselenggarakan oleh Kementerian PP dan PA bekerja sama dengan "Economic Review" dan "Woman Review" serta Ikatan Wanita Pengusaha (IWAPI).

Sedangkan 24 pemenang tersebut adalah Direktur SDM dan Umum PT Pupuk Kujang (Persero) Ade Suryanti untuk kategori BUMN, CEO Robotic Explorer Julli Tjindrawan untuk kategori Pendidikdan dan Teknologi, Managing Director PT A2J Design Adelinah Chandra kategori Industri Jasa Konsultan Desain Interior, CEO PrIBUmi Ella Brizadly kategori Industri Wastra Indonesia, CEO PT Missi Idea Selaras Julia Kusumawardhani kategori Sales Promotion Agency, Finance Director PT Hotel Sahid Jaya Internasional Lenny Dyah Trianjayani kategori Perusahaan Publik, Direktur Pemasaran dan Pengembangan Usaha PT Dapur Sunda kategori Jasa Boga serta Direktur Keuangan PT Inti (Persero) Nilawati Djuanda untuk kategori Industri Telekomunikasi.

Selanjutnya CEO PT Makmur Argo Satwa Anne Sri Artati kategori Industri Pertanian dan Peternakan, Direktur PT Merck Tbk Evie Yulin kategori Industri Farmasi, Managing Director SF Consulting Sri Wahyuni kategori Konsultan Pajak, CEO Pratama Grup Liana Trisnawati kategori Multi Service Company, CEO Amos Cozy Hotel Khoe Ribka kategori Industri Jasa Perhotelan, Direktur Operasional PT Rajawali Nusindo Chairani Harahap kategori Jasa Distribusi, Direktur AXA Life Insurance Yanti Parapat kategori Life Insurance, Managing Director PT JAC Indonesia Mariko Asmara Yoshihara kategori Recruitment Service serta Direktur Keuangan PT Jakarta Industrial Estate Pulogadung Sitta Izza Rosdaniah untuk kategori Kawasan Industri.

Sedangkan penerima kategori khusus adalah CEO PT Indosat Tbk Herfini Haryono untuk kategori Perempuan Inovatif, Marketing dan Business Development Director PT Administrasi Medika Hesty Nugrahani kategori Perempuan Waskita, CEO PT Huda Rachma Grupindo Pipie Suyoto kategori Perempuan Kreatif, Creative Director PT Batik Chic Novita Yunus kategori Perempuan Kohesif, Vice CEO PT Pan Brothers Tbk Anne Patricia Sutanto kategori Perempuan Inspiratif, Dubes Indonesia untuk Venezuela Prianti Gagarin Djatmiko Singgih kategori Perempuan Pelestari Budaya dan Pensidi IWAPI Dewi Motik Pramono untuk kategori Lifetime Achievement.  

(D020/B.S. Hadi)

Pewarta: Dyah Dwi

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015