Ketapang (Antara Kalbar) – Tim Penggerak PKK Kabupaten Ketapang melalui Pokja II menggelar pelatihan membatik di Rumah Batik Pelangi Jalan Pangeran Kusma Jaya No.8A, Kecamatan Benua Kayong, sebagai upaya mengembangkan ketrampilan sekaligus melestarikan budaya bangsa.
    Pelatihan diikuti 36 peserta dari TP PKK Kabupaten Ketapang, TP PKK Kecamatan Delta Pawan, Muara Pawan, Benua Kayong, Matan Hilir Selatan, dan Matan Hilir Utara tersebut dilatih Utin Darajatul Alman, Utin Sariatul Husna dan Elisya.
    "Selain dari TP PKK Kabupaten Ketapang, pesertanya juga lima kecamatan," tegas Utin Amanul Habasiah S.Sos, Ketua Pokja II TP PKK Kabupaten Ketapang.
    Ia menerangkan pelatihan membatik dilakukan sebagai upaya meningkatkan ketrampilan para anggota TP PKK Ketapang. Selain itu, melestarikan budaya bangsa. Dengan bekal ketrampilan ini diharapkan para anggota bisa memanfaatkan waktu untuk membatik yang ujung-ujungnya bisa menambah penghasilan bagi para anggota sehingga dapat mensejahterakan keluarga.
    Sementara itu, Ketua TP PKK Ketapang, Ny Riniwati Henrikus mengharapkan pelatihan membatik ini bisa membudaya sehingga corak khas batik Ketapang akan semakin dikenal sekaligus menjadi kebanggaan daerah.    
    "Ketrampilan membatik ini diharapkan juga bisa dikembangkan bagi anggota TP PKK Kecamatan lainnya. Melalui ketrampilan diharapkan dapat mewujudkan kesejahteraan anggota dan keluarga pada khususnya serta masyarakat pada umumnya melalui peningkatan kualitas sumber daya anggota, untuk mendukung tercapainya tujuan nasional berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945," ujar Riniwati Henrikus.
    Lebih lanjut Ketua TP PKK Kabupaten Ketapang berharap pelatihan ini bisa membawa dampak positif bagi pembangunan daerah serta mempunyai pemikiran dan kinerja yang baik. Dengan bekal ketrampilan yang difasilitasi Pokja II TP PKK Kabupaten Ketapang diharapkan dapat menunjukkan kiprahnya sebagai wanita yang mempunyai potensi serta berinovasi dan kreatif dalam memajukan organisasi.
    Tidak kalah penting adalah, melalui kegiatan ini akan dapat menjalin tali silaturrahmi antara pengurus dan para anggotanya. "Ibu ketua TP PKK Kabupaten Ketapang selalu mendorong pengurus untuk selalu membuat kegiatan yang bisa meningkatkan ketrampilan anggota," tegas Syahran, Humas TP PKK Ketapang.

Pewarta: John

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015