Sanggau (Antara Kalbar) - Harga sejumlah kebutuhan bahan pokok yang diperdagangkan di berbagai pasar di Kota Sanggau berfluktuatif.
    
Berdasarkan pantauan, kenaikan harga terutama untuk ayam potong dan telur. Untuk harga ayam potong mengalami kenaikan rata-rata Rp3.000, semula Rp40.000, sekarang menjadi Rp43.000. Kemudian untuk telur semula rata-rata Rp30.000 per rak, sekarang sudah Rp40.000.
   
Sedangkan harga bawang merah mengalami penurunan, semula rata-rata dijual Rp44 ribu, sekarang turun menjadi Rp40 ribu. Lalu untuk bawang putih masih stabil dengan harga kisaran Rp22 ribu.
    
Sementara, untuk cabai rawit dijual Rp33 ribu per kilogram. Untuk harga cabai ini, sangat tergantung dengan stok lokal.
   
Menurut Anto, salah seorang pedagang di Pasar Sentral Sanggau, banyak dan sedikit stok jenis kebutuhan yang masuk ke pasar tersebut mempengaruhi stabilitas harga. Terutama jenis kebutuhan pokok yang tidak dihasilkan di wilayah Kabupaten Sanggau.
    
"Harga yang lain-lain, masih tak stabil. Nah, sementara untuk harga kebutuhan pokok yang banyak dihasilkan di wilayah Kabupaten Sanggau, seperti cabe rawit dan sayur-sayuran dalam beberapa hari terakhir masih stabil, tergantung pasokan lokal," ungkapnya.

Pewarta: M Khusyairi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015