Pontianak (Antara Kalbar) - Kepala Bank Indonesia Perwakilan Kalimantan Barat Dwi Suslamanto mengatakan pihaknya telah menyiapkan uang tunai sebesar Rp4,5 triliun untuk Kalimantan Barat, untuk stok uang selama Ramadhan dan menjelang Lebaran Idul Fitri tahun ini.

"Stok uang tunai yang kita siapkan selama Ramadhan dan menjelang Lebaran Idul Fitri tahun ini sebesar Rp4,5 triliun. Jumlahnya bertambah dibanding persediaan stok uang tunai pada tahun lalu, yang hanya Rp2,4 triliun," kata Dwi di Pontianak, Jumat.

Dia menjelaskan, uang tunai tersebut akan didistribusikan melalui semua bank yang ada di Kalbar dan juga melalui kas titipan yang ada di Sintang, Singkawang dan Ketapang.

"Total untuk uang tunai yang akan kita titipkan di tiga kas titipan itu sebesar Rp170 miliar selama bulan Ramadhan ini," tuturnya.

Jika stok uang yang telah disediakan pihaknya masih kurang, kata Dwi, Kantor BI Perwakilan Kalbar masih memiliki dana cadangan sebesar Rp3,4 triliun.

Dwi menjelaskan, secara keseluruhan BI telah mempersiapkan stok uang tunai menjelang Hari Raya Idul Fitri, dimana uang tunai yang telah disiapkan sekitar Rp119 triliun hingga Rp125 triliun.

"Biasanya, transaksi menggunakan uang tunai pada Ramadhan dan Idul Fitri, seperti tahun-tahun sebelumnya, selalu meningkat. Makanya kita selalu menyiapkan cadangan uang kas," katanya.

Selain memberi perhatian terhadap kebutuhan seluruh uang kartal, BI Pontianak juga sedang mendata kebutuhan uang pecahan kecil dari setiap bank. Uang baru pecahan kecil akan didistribusikan dalam jumlah besar ke bank-bank pada Ramadhan nanti.

"Ini untuk mengantisipasi permintaan penukaran terhadap uang pecahan kecil, yang biasanya meningkat dari masyarakat menjelang Hari Raya Idul Fitri," kata Dwi.

Terkait untuk proses penukaran uang, kata Dwi, sejak tahun lalu pihaknya tidak lagi melayani hal tersebut, karena BI telah memberikan kewenangan tersebut kepada seluruh bank yang ada untuk melayani proses penukaran uang.

"Jadi, bagi masyarakat yang ingin melakukan transaksi penukaran uang, bisa datang langsung saja ke bank-bank terdekat, karena kita tidak lagi melayani proses penukaran uang tersebut," katanya.


(U.KR-RDOR010)

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015