Nanga Pinoh (Antara Kalbar) - Kapolres Melawi, AKBP Cornelis M Simanjuntak, Senin, memimpin serah terima jabatan Kabag Sumda, lima Kasat dan tiga Kapolsek.

Sejumlah perwira digeser dan menempati posisi baru, termasuk empat perwira yang akan meninggalkan Polres Melawi dan bertugas di Polda Kalbar.

Jabatan yang mengalami pergantian di antaranya adalah Kabag Sumda dari Kompol Martianus S kepada AKP Asdin Tamba. Kasat Intelkam baru dijabat oleh AKP Amad Kamiludin, Kasat Narkoba dijabat Iptu Herno Mintoro, Kapolsek Nanga Pinoh dijabat AKP Yoyo Kuswoyo, Kapolsek Sokan dijabat oleh AKP Sarwo dan Kapolsek Sayan dijabat oleh Iptu Sunar.

Sedangkan empat pejabat yang dimutasikan ke Polda dan memegang jabatan baru disana di antaranya adalah AKP Adi Nugroho sebelumnya sebagai Kapolsek Nanga Pinoh, AKP Dwi Eyki sebelumnya sebagai Kasat Sabhara, AKP Kuntadi Budi Pranoto sebelumnya bertugas sebagai Kasat Intelkam serta Kompol Martianus yang sebelumnya menjabat sebagai Kabag Sumda.

Tiga posisi Kasat yang lowong, yakni Kasat Sabhara, Kasat Tahti dan Kasat Binmas kemudian diserahkan kepada Kapolres.

AKBP Cornelis dalam sambutannya mengatakan mutasi merupakan upaya penyegaran sekaligus promosi jabatan bagi personil Polri. Karena itu, Kapolres berharap para pejabat baru dapat segera menyesuaikan diri sehingga dapat langsung melaksanakan tugasnya.

"Jabatan bukan merupakan kekuasaan atau alat untuk memperkaya diri. Jabatan itu merupakan bentuk tanggung jawab  dan amanah terhadap organisasi, masyarakat dan Tuhan. Karena itu, jalankan dengan penuh rasa syukur dan jadilah teladan di tengah masyarakat," tegasnya.

Kapolres juga mengingatkan, agar polisi jangan sampai menyakiti hati masyarakat, lakukan koordinasi dengan tokoh masyarakat, tokoh agama tokoh adat dan instansi lain agar lebih mudah dalam mencari informasi.

"Sebab Polri merupakan pengayom dan pelindung yang harus bersama-sama dengan masyarakat," katanya.

Dia mengatakan, makin tinggi jabatan yang diemban maka tantangannya akan semakin berat. Kata Kapolres ke depan tantangan kepolisian akan semakin berat dan kompleks maka dari itu diperlukan adanya komunikasi dan kerja sama yang baik.

"Tidak lupa saya sampaikan terima kasih kepada pejabat lama yang sudah mengabdikan diri dan menjalankan tugasnya dengan baik, serta saya sampaikan pula selamat datang kepada pejabat baru segeralah menyesuaikan diri dengan lingkungan," katanya.

Di bulan puasa ini, Cornelis juga mengingatkan kepada para anggotanya agar saling menghormati antara umat pemeluk agama lain, bagi yang tidak berpuasa harus menghargai yang berpuasa demikian halnya dengan yang berpuasa agar menghormati yang tidak berpuasa.

"Sehingga terjalin harmonisasi antara sesama anggota dan masyarakat, dan kita juga berharap situasi ini senantiasa terjaga agar kerukunan selalu terbina," kata dia. (Ekos/N005)

Pewarta: Eko S

Editor : Catur Ujianto


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015