Sekadau (Antara Kalbar) - Asisten bidang administrasi ekonomi pembangunan  dan kesejahteraan rakyat H. Abdulk Gani, atas nama bupati melaksanakan Safari Ramadhan sekaligus meresmikan masjid Al Fajar Nanga Kiungkang desa Kiungkan kecamatan Nanga Taman, Senin.

Ikut hadir dalam acara safari Ramadhan hari pertama itu para kepala SKPD di lingkungan Pemkab Sekadau, pejabat instansi vertikal seperti kepala Kemenang, pejabat yang mewakili Kapolres Sekadau, perwakilan Bank Kalbar, para kepala desa dan BPD se-kecamatan Nanga Taman,tokoh agama, dan tokoh masyarakat.

Ketua panitia peresmian masjid yang juga kepala desa Nanga Kiungkang Muhamdi mengatakan pembangunan masjid Nanga Kiungkang dimulai tahun 2011 dan baru diresmikan pada 2015 ini.
 
Berdirinya masjid Al Fajar ini lanjut Muhamdi karena didukung penuh oleh pemerintah Kabupaten Sekadau yaitu melalui bantuan dana hibah sebesar Rp200 juta.

"Umat Muslim Kiungkang memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Pemkab Sekadau," ujarnya.

Dikatakan Muhamdi dana yang dibutuhkan dalam pembangunan masjid ini kurang lebih Rp380 juta. Dana yang sudah digunakan kurang lebih Rp325 juta.

'Kondisi bangunannya sekarang kurang lebih 80 persen, meski pemkab sudah membantu tidak salah kalau kami minta bantu lagi untuk penyelesaian 100 persen," ujarnya.

Sementara itu camat Nanga Taman Afronius Akim sehan dalam sambutannya mengatakan kecamatan Nanga Taman salah satu kecamatan yang paling banyak menerima pembangunan baik fisik maupun non fisik.

"Kita tidak bisa menutup mata terhadap pembangunan yang masuk di daerah kita," ujarnya.

Untuk itu atas nama masyarakat kecamatan Nanga Taman ia memberikan apresiasi kepada pemerintah kabupaten Sekadau atas segala perhatian yang diberikan kepada masyarakat.

Terkait dengan bulan Ramadhan Afron ingatkan agar umat Muslim setempat menjalankan ibadah dengan ikhlas sehingga ibadah puasa diterima oleh Tuhan YME.

Sementara itu Asisten Administrasi Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat Abdul Gani menyampaikan pesan bupati untuk masyarakat Nanga Kiungkang yang saat ini sedang menjalankan ibadah puasa agar menjalankan puasa dengan ikhlas dan penuh dengan kesabaran, selain itu umat Muslim juga diminta untuk perbanyak amal terutama kepada umat Muslim yang kekurangan.

Dikatakan Gani bulan puasa lebih mendekatkan jajaran Pemerintah Kabupaten Sekadau dengan masyarakat.  Disamping sebagai upaya untuk meningkatkan jalinan silaturahmi Safari Ramadhan ini juga sebagai sarana untuk menyampaikan informasi-informasi pembangunan yang telah dan akan dilakukan oleh pemerintah kepada masyarakat .

Gani mengatakan, bahwa ada banyak hal pembangunan yang sudah dilakukan oleh bupati bersama wakil bupati Rupinus, untuk itu pembangunan yang sudah masuk dalam RPJM sampai tahun 2020 agar dilanjutkan sehingga dokumen yang sudah termuat dalam RPJM tersebut menyambung dengan program bupati periode sebelumnya.

Gani juga mengimbau masyarakat terutama menjelang pilkada agar menjaga situasi yang kondusif. Masyarakat jangan terkotak katik oleh isu yang tidak benar.

"Kita memilih pemimpin negara bukan memilih pemimpin agama atau pemimpin etnis. Salah satu contoh masjid ini dibantu oleh pemkab Sekadau di masa bupati Simon Petrus dan bapak Rupinus. Apa yang telah beliau ini lakukan semua untuk masyarakat, untuk itu tidak salah kalau saya katakan program beliau ini baik, kenapa tidak," ujarnya.

Safari Ramadhan hari kedua akan dilanjutkan di kecamatan Belitang Hulu pada 24 juni 2015.

(Gansi/N005)

Pewarta: Gansi

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015