Pontianak  (Antara Kalbar) - (Antara) - Panganan "Sotong Pangkong" adalah salah satu kuliner khas warga Kota Pontianak saat bulan Ramadhan, sehingga menjadi rezeki tersendiri bagi para pedagang musiman yang menyajikan makanan khas yang dibeli warga saat malam hari tersebut.

"Dari satu malam, mulai sore hari hingga tengah malam saya bisa menjual ratusan sotong atau cumi kering, yang per ekornya dijual seharga Rp15 ribu hingga Rp60 ribu atau tergantung ukuran cumi tersebut," kata Nurul Hikmah di Pontianak, Rabu.

Ia menjelaskan dia dan puluhan penjual "Sotong Pangkong" itu hanya menjual kuliner khas Pontianak itu pada bulan Ramadhan saja.

"Kalau bulan Ramadhan, rata-rata satu pedagang mampu menjual seratusan ekor per malamnya, sementara kalau di hari biasanya kurang laku," ujarnya.

Menurut Nurul, pembeli "Sotong Pangkong" tidak hanya dari masyarakat Kota Pontianak, melainkan juga para tamu atau wisatawan dari luar.

"Karena `Sotong Pangkong` khas Pontianak ini sudah terkenal dimana-mana, sehingga tidak heran kalau ada tamu-tamu dari luar yang setiap datang ke Pontianak selalu menyempatkan diri untuk menikmatinya juga," ujarnya.

Sementara itu, Anwar Huda salah seorang pembeli kuliner "Sotong Pangkong" di kawasan Jalan Merdeka, Kecamatan Pontianak Kota menyatakan, dirinya dan teman-temannya selalu menyempatkan diri untuk menikmati kuliner cumi kering yang dibakar itu pada bulan Ramadhan.

"Rasanya gurih, asin, dan pedas kalau sudah dicampur dengan sambal kacang yang memang disiapkan oleh para pedagang, sehingga bagi penikmat kuliner khas daerah sayang kalau sampai tidak menyempatkan diri untuk menikmati," ujarnya.

Menurut dia, sotong pangkong juga enak dinikmati sambil santai menikmati kopi panas atau es teh. "Sehingga saya biasanya bisa menghabiskan dua ekor "sotong pangkong" kalau sudah duduk santai sambil menikmati kopi panas bersama teman-teman," ujarnya.

Dari pantauan di lapangan, bunyi palu diadu dengan meja dari kayu terdengar bersahut-sahutan di sepanjang Jalan Merdeka Barat sejak matahari mulai terbenam. Suasana tersebut rutin terlihat di malam bulan Ramadhan sejak beberapa tahun terakhir.

Sotong Pangkong merupakan cumi kering beragam ukuran yang dibakar kemudian dipukul atau dipangkung di atas meja kayu atau sejenisnya dengan palu.

Cumi yang sudah dipangkung itu, disajikan di atas piring tipis. Sedangkan untuk menambah kenikmatan, dapat dicampur dengan cabai tumbuk yang diberi air dan dicampur kacang tanah.


(U.A057/N005)

Pewarta: Andilala/Mawardi

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015