Sukadana (Antara Kalbar) - Menjelang Idul Fitri, Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kayong Utara mempersiapkan rakor antarinstansi terkait persiapan arus mudik dan balik tahun ini.
    
Dikatakan Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kayong Utara Rusli, secara internal, pihaknya sudah melakukan rapat terkait rencana persiapan rapat koordinasi yang rencana dilakukan dengan melibatkan banyak pihak ini, Senin.
    
"Kita akan melibatkan berbagai dinas dan instansi, termasuk pihak kecamatan untuk mengantisipasi hari raya," kata Rusli.
    
Rapat tersebut diharapkan akan menjadi upaya mengkoordinasikan berbagai pihak untuk kelancaran masyarakat yang merayakan hari raya Idul Fitri.
    
Beberapa upaya yang akan dilakukan seperti jaminan kelancaran perjalanan, keamanan dan kesiapan para medis di masing-masing wilayah termasuk kelancaran transportasi.
    
Dinas Kesehatan, Kepolisian, BNPB, Pol PP, dan Kecamatan juga akan dilibatkan dalam rakor nanti.
    
Menanggapi kesiapan arus puncak mudik, Rusli tidak tidak terlalu menghawatirkannya, karena sebagian besar pemudik, seperti para tenaga guru, pelajar sudah mulai jauh-jauh hari karena bertepatan dengan libur tahun ajaran baru.
    
"Yang kita khawatirkan justru arus balik, karena semua pasti akan pulang di minggu yang bersamaan," kata Rusli.
    
Disampaikannya, dirinya berharap kepada pihak pengusaha jas transportasi dapat menyediakan armada tambahan untuk mengantisipasi momen mudik dan balik lebaran. "Arus mudik dan balik tetap kita antisipasi, namun kita akan sangat lebih ektra saat arus balik," pungkasnya.

Pewarta: Doel Wibowo

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015