Sungai Raya (Antara Kalbar) - Pemerintah Kabupaten Kubu Raya terus mengupayakan peningkatan infrastruktur hingga ke desa terluar, untuk mempermudah akses dalam mengangkut hasil pertanian serta produk olahan sehingga dapat meningkatkan pemasaran dan perekonomian masyarakat.

"Pemerintah Kubu Raya akan terus mengupayakan peningkatan infrastruktur jalan poros dan jalan desa guna mempermudah akses dalam mengangkut hasil pertanian serta produk olahan masyarakat," kata plt Sekda Pemkab Kubu Raya, Nursyam Ibrahim di Sungai Raya, Sabtu.

Namun untuk menunjang terpeliharanya jalan-jalan dan fasilitas umum yang telah disediakan pemerintah, perlu adanya perhatian dari masyarakat. Nursyam mencontohkan jika jalan misalnya mengalami kerusakan sedikit, masih bisa dirawat dengan cara gotong royong tidak membiarkan menunggu perbaikan dari pemerintah sehingga kerusakan makin parah.

Menurutnya ada hal-hal yang bisa diatasi dengan gotong royong masyarakat seperti pembersihan jalan lingkungan, perawatan drainase dan lain-lain. Dirinya yakin, jika Gotong Royong dihidupkan kembali , maka lingkungan akan semakin terjaga dengan baik.

"Kita berharap masyarakat menghidupkan kembali gotong royong, dengan gotong royong bisa mengatasi masalah-masalah kecil di lingkungan masyarakat tanpa harus menunggu pemerintah, karena pemerintah sudah membangun infrastruktur. Misalnya jika tidak dirawat dan dipelihara oleh masyuarakat kan tidak terjaga, kalau tidak terjaga dan terawat akan mempercepat kerusakannya," tuturnya.

Nursyam menambahkan jika hanya perawatan kecil-kecil masih bisa dilakukan dengan gotong royong, maka pemerintah tinggal membantu materialnya, sehingga yang didapatkan jauh lebih baik dan lebih bermanfaat.

Di samping menciptakan kebersamaan dan semangat persatuan masyarakat juga menciptakan adanya rasa memiliki terhadap fasilitas-fasilitas umum yang disediakan pemerintah.

Hasil pengerjaan juga akan jauh lebih baik, sebab beda hasilnya yang dikerjakan secara bersama oleh masyarakat dan yang dikerjakan oleh kontraktor, kualitas pasti akan lebih baik.

"Saya minta masyarakat hidupkan kembali gotong royong, dengan gotong royong bahkan tidak hanya perawatan yang bisa dikerjakan, jalan-jalan lingkungan bisa dikerjakan secara gotong royong oleh masyarakat, dengan demikian hasilnya akan jauh lebih baik," katanyan.

(KR- RDO/N005)



Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015