Sekadau ( Antara Kalbar ) - Situasi Kamtibmas di Kabupaten Sekadau sampai saat ini kondusif, namun pemkab setempat tetap mengimbau warganya untuk waspada dan menjaga keamanan menjelang pemilihan kepala daerah.

"Kami tetap mengimbau masyarakat tetap waspada dan selalu menjaga kenyamanan," kata Wakil Bupati Sekadaum Rupinus, dalam acara Safari Ramadhan Pemprov Kalbar di Kabupaten Sekadau yang dipusatkan di Masjid Jami Al-Mutaqin Desa Peniti, Selasa malam.

Dalam kegiatan itu, Gubernur Kalbar diwakili Asisten I Setda  Provinsi Kalimantan Barat , Sumarno, menyerahkan sejumlah bantuan untuk rumah ibadah dan kelompok masyarakat.

Rupinus melanjutkan, Pemkab Sekadau juga melaksanakan Safari Ramadhan setiap tahunnya dengan mengunjungi  7 kecamatan secara bergantian. Safari Ramadhan sebagai tali silaturahmi antara pemerintah dengan masyarakat dalam  kehidupan beragama.

"Kita juga meminta agar umat Islam tetap khusyuk menjalani ibadah puasa meski situasi perekonomian di masyarakat yang masih dalam kondisi sulit saat ini," papar pria asal Desa Pantok itu.

Sementara itu, Asisten I Pemprov Kalbar, Sumarno,  mengingatkan agar keharmonisan antarumat beragama selalu dijaga karena itu merupakan modal utama dalam pembangunan.

Pada bulan Ramadhan terjadi peningkatan aktivitas di berbagai bidang. Tingkat konsumsi masyarakat atas kebutuhan pokok tinggi. Pemerintah akan menjamin ketersedian barang dan sembako di pasar.

"Berkenaan dengan momentum politik tahun 2015 di  7 kabupaten/kota, kita juga mengingatkan agar masyarakat tidak terlalu ambil pusing dengan hiruk pikuk politik, apalagi sampai terprovokasi isu-isu yang menyesatkan.  Diminta agar masyarakat tetap menjaga situasi kondusif dan mengikuti pilkada dengan jujur aman dan tertib," harapnya.

Sumarno menegaskan lebih jauh, agar proses pemilu nantinya harus mengedepankan prinsip jujur dan adil serta tetap tunduk pada proses hukum jika terjadi sengketa.

"Jangan ada pengerahan massa, seperti begitu-begitu. Diharapkan peran tokoh agama, tokoh adat dan tokoh masyarakat untuk memberikan imbauan ajakan kepada warga dan masyarakat mensukseskan Pilkada," pungkasnya. (Gansi/N005)


Pewarta: Gansi

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015