Pontianak  (Antara Kalbar) - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan akan membantu helikopter untuk memadamkan kebakaran hutan dan lahan yang melanda Provinsi Kalimantan Barat sejak sepekan terakhir, kata Kapolda Kalbar Brigjen (Pol) Arief Sulistyanto.

"Informasinya, Menteri LH dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar akan datang ke Kalbar untuk memantau langsung kebakaran hutan dan lahan di daerah ini," kata Arief Sulistyanto di Pontianak, Kamis.

Ia menjelaskan, helikopter milik Polda Kalbar saat ini, sedang dilakukan perbaikan, sehingga tidak bisa digunakan untuk memantau maupun memadamkan kebakaran hutan dan lahan di sejumlah titik di Kalbar.

"Jumat (10/7) saya diminta untuk mendampingi bu menteri LH dan Kehutanan untuk meninjau sejumlah titik kebakaran hutan dan lahan di Kalbar," ungkap Arief disela-sela memantau langsung upaya pemadaman kebakaran hutan di kawasan Gunung Tamang, Kecamatan Sungai Ambawang, Kabupaten Kubu Raya.

Menurut Kapolda Kalbar, Manggala Agni dan Satgas Karhutla Polda Kalbar sudah lima hari belakangan ini berupaya memadamkan kebakaran hutan di kawasan Gunung Tamang, tetapi belum juga berhasil, karena luas hutan yang terbakar cukup luas, yakni sekitar 150 hektare.

"Informasinya kebakaran itu, dipicu oleh seorang petani yang membakar lahannya untuk ditanami ubi kayu. Setelah lahannya dibakar, petani itu meninggalkan api yang membakar lahannya, sehingga kini meluas dan membakar beberapa hektare kebun masyarakat setempat," ujarnya.

Selain itu, dampak dari kebakaran hutan di kawasan Gunung Tawang, juga hampir membakar atau masuk ke lahan perkebunan sawit milik salah satu perusahaan, katanya.


(U.A057/I006)

Pewarta: Andilala dan Jessica Helena Wuysang

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015