Pontianak (Antara Kalbar) - Ketua DPP Partai Amanat Nasional Zulkifli Hasan mengimbau kepada seluruh calon ketua DPW PAN Kalimantan Barat agar tidak meninggalkan luka pada proses pemilihan ketua DPW, maupun pilkada serentak di tujuh kabupaten di provinsi itu.

"Hari ini sampai besok, akan dilaksanakan Muswil DPW PAN Kalbar, dimana dalam muswil ini akan dilaksanakan pemilihan ketua DPW PAN Kalbar yang kita harapkan dalam prosesnya jangan sampai meninggalkan luka bagi siapa pun," kata Zulkifli Hasan saat membuka Muswil DPW PAN Kalbar di Pontianak, Sabtu.

Dia mengatakan, setiap calon ketua DPW Kalbar diharapkan dapat mencontoh pada pelaksanaan kongres PAN yang menetapkan dirinya sebagai ketua, yang dapat berjalan dengan lancar tanpa menyisakan luka bagi pihak mana pun.

"Dalam pelaksanaannya memang alot, dan penuh dinamika politik. Namun, setelah selesai pelaksanaan kongres semuanya bisa bersatu kembali dan tidak ada pengkotak-kotakan dari hasil proses kongres tersebut dan ini yang saya harapkan bisa dicontoh oleh DPW PAN Kalbar," tuturnya.

Zulkifli menambahkan sesuai dengan falsafah dari bangsa Indonesia yaitu Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika yang menganut asas kebersamaan, kekeluargaan, musyawarah mufakat, dan gotong royong. Diharapkan falsafah tersebut dapat dipegang teguh oleh semua kader PAN, baik dalam membangun partai maupun negara ini.

"Makanya sekali lagi saya tekankan, jangan sampai dari proses muswil ini menyisakan luka antara satu dengan yang lainnya. Untuk itu diharapkan semua kader bisa memegang falsafah dari negara kita ini," katanya.

Ditempat yang sama, Plt Ketua DPW PAN Kalbar, Sukiman mengatakan dalam proses pemilihan ketua DPW PAN saat ini diikuti oleh 13 orang kandidat. Namun, dia memastikan dirinya tidak akan kembali mencalonkan diri sebagai ketua, lantaran sudah dua periode menjabat.

"Saya disini hanya bertugas untuk menyiapkan proses muswil ini bisa berjalan dengan baik. Sama sekali tidak ada kepentingan untuk mencalonkan atau mendukung salah satu dari 13 kader yang akan maju menjadi calon ketua DPW PAN Kalbar," katanya.

Menurut Sukiman, semua kader yang maju maupun sosok yang direkomendasikan oleh partai memiliki kapabilitas dan kemampuan yang sudah tidak diragukan lagi. Berdasarkan hal tersebut, dia yakin, siapapun yang terpilih menjadi ketua, pasti mampu untuk membawa PAN Kalbar lebih baik.

"Itu yang menjadi harapkan kita, sehingga kita harapkan besok, PAN Kalbar sudah memiliki ketua baru yang definitif yang diharapkan bisa membawa PAN lebih baik nantinya. Jadi sesuai apa yang disampaikan oleh pak Zulkifli, saya juga mengharapkan agar proses pemilihan ketua DPW PAN Kalbar ini bisa berjalan dengan lancar," kata Sukiman. ***2***


(U.KR-RDO/R010)

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015