Jakarta (Antara Kalbar) - Sekjen Forum Keluarga Alumni Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (Fokal IMM) Uum Syarif Usman mengatakan Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhamaddiyah yang baru harus mewakilkan semangat dakwah pencerahan dan berkemajuan.

"Ketum Muhammadiyah yang baru nanti harus mewakilkan semangat Muhammadiyah dalam dakwah pencerahan dan berkemajuan," ujar Uum usai pengukuhan Kornas Fokal IMM di Jakarta, Selasa.

Dia menjelaskan kriteria usia bukan termasuk salah satu kriteria utama. Menurut dia yang terpenting adalah semangat dalam dakwah pencerahan dan berkemajuan tersebut.

"Dalam Muhammadiyah pemilihan ketua bukan berdasarkan perseorangan, namun ditentukan 13 formatur," jelas dia.

Menurut Uum, Muhammadiyah tidak cocok untuk sosok yang ambisius.

"Kami tidak punya suara, namun kami mendorong kader-kader kami yang dicalonkan untuk terus maju," cetus dia.

Uum berharap siapapun yang terpilih sebagai Ketua Umum PP Muhammadiyah pada uktamar ke-47 yang akan digelar di Makassar awal Agustus bisa membawa salah satu ormas tertua tersebut ke arah lebih baik lagi.

Sejumlah kandidat masuk dalam Ketua Umum PP Muhammadiyah dan 13 formaturnya. Diantaranya, Mantan Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Busyro Muqoddas, kemudian Wakil Ketua MPR Hajriyanto Y Tohari.

Sidang Tanwir akan menyaring 82 menjadi 39, kemudian diikutkan forum Muktamar Muhammadiyah. Dalam Muktamar tersebut, akan dipilih satu ketua umum dan 13 formatur pimpinan Muhammadiyah.

Sebelumnya Ketum PP Muhammadiyah, Din Syamsuddin, memastikan tidak akan maju lagi untuk dipilih menjadi yang ke-15.

(I025/B. Suyanto)

Pewarta: Indriani

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015