Putussibau (Antara Kalbar) - Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Kabupaten Kapuas Hulu Marcellus S Sos mengatakan, pihaknya siap mengalokasikan anggaran dari dana desa (DD) untuk mendukung pelayanan kesehatan.
    
"Karena kita sebelumnya memang sudah punya program yang namanya PNPM generasi sehat dan cerdas," ungkapnya di Setda Kapuas Hulu, Putussibau.
  
Di Kapuas Hulu sedikitnya ada 14 kecamatan yang masih menjalankan program PNPM generasi tersebut. Dijelaskan Marcellus, penetapan 14 kecamatan itu berdasarkan keputusan pemerintah pusat. "PNPM generasi itu dari pusat. Ada kriteria tertentu terhadap daerah dalam menjalankan program tersebut," kata dia.
    
Pengalokasian dana desa tersebut nantinya diakomodasi dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) "Jadi untuk anggaran ndak masalah," ucapnya.
    
Marcellus menambahkan, keberadaan PNPM mandiri sangat membantu dalam pemenuhan pelayanan kesehatan di masyarakat. Seperti melaksanakan Posyandu bagi ibu hamil dan balita. "Selama ini sudah efektif mereka melakukan pelayanan kesehatan. Ada tim dari desa setempat dan pihak kesehatan," kata Marcellus.
  
Berikut kecamatan yang sedang menjalankan program PNPM generasi yaitu Kecamatan Putussibau Utara, Putussibau Selatan, Embaloh Hulu, Embaloh Hilir, Bika, Mentebah, Hulu Kapuas (Gabung ke Putussibau Selatan) Bunut Hilir, Bunut Hulu, Boyan Tanjung, Jongkong, Selimbau, Danau Sentarum (Gabung ke Putussibau Utara) suhaid, Silat Hilir dan Silat Hulu.
    
"Hulu Kapuas dan Danau Sentarum digabung ke Putussibau Selatan dan Putussibau Utara, jadi disana rutin menerapkan program PNPM generasi sehat dan cerdas itu," pungkas Marcellus.

Pewarta: Andre

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015