Singkawang (Antara Kalbar) - Sebanyak 80 jemaah calon haji (JCH) Kota Singkawang diberikan pembekalan akhir di Aula Kantor Kementerian Agama Singkawang sebelum diberangkatkan ke tanah suci pada 2 September mendatang.

"Pembekalan-pembekalan ini diberikan agar jemaah calon haji lebih siap," kata Kepala Kantor Kementerian Agama Singkawang H Jawani di Singkawang, Kamis.

Setelah diberikan pembekalan akhir, Kementerian Agama Singkawang juga akan menggelar Dzikir dan syukuran bersama. Tujuannya, agar para jemaah haji yang berangkat, selalu diberikan kesehatan dan selalu diberikan lindungan dan keselamatan sewaktu mau berangkat hingga pulang ke Kota Singkawang.

Menurut dia, hingga sekarang ini, persiapan jemaah haji baik secara administrasi, paspor dan kesehatan tidak ada masalah. "Intinya para jemaah haji Singkawang sudah siap berangkat 100 persen," jelasnya.

Sedangkan dari segi pengamanan, baik dari Pemerintah dan Polres Singkawang sudah siap.

Jawani menjelaskan, dari Polres Singkawang akan menurunkan sebanyak 40 personil. Berarti, untuk 2 jemaah calon haji akan dikawal oleh 1 anggota polisi. Begitu juga dengan Pemkot Singkawang, sudah menyiapkan Satpol PP saat jemaah haji diberangkatkan ke Pontianak.

Sebelum diberangkatkan ke Pontianak, tambahnya, para jemaah haji akan dilepas di Balairung Kantor Wali Kota Singkawang, 2 September 2015, sekitar pukul 07.30 wib. Kemudian, sampai di Mempawah, para jemaah haji akan melaksanakan sholat Dzuhur berjamaah.

"Setelah makan siang, mereka langsung menuju Pontianak," jelasnya.

Pada tanggal 3 September, para jemaah haji berangkat menuju ke Batam, dan tanggal 4 September, berangkat menuju ke Jeddah.

Dikarenakan tahun ini Singkawang tidak mengirimkan tim kesehatan, dia berharap kepada jemaah haji bisa menjaga diri sendiri selama berada di Mekkah. 

(KR-RDO/F003)

Pewarta: Rudi dan Rendra Oxtora

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015