Singkawang (Antara Kalbar) - Kepala Kantor Kementerian Agama Singkawang H Jawani mengatakan daftar antrean calon jemaah haji yang mendaftar tahun ini baru bisa diberangkatkan pada tahun 2028 dari kuota yang sekarang ini.

Jawani di Singkawang, Jumat, mengatakan antrean itu adalah berdasarkan daftar calon jemaah haji yang sudah melakukan pendaftaran pada tahun 2015.

"Daftar sekarang saja, baru bisa berangkat pada tahun 2028. Apalagi daftar haji tahun depan," katanya di Singkawang, Jumat.

Menurut dia, lamanya daftar tunggu itu dikarenakan Pemerintah Pusat memberikan kuota sebanyak 80 orang untuk Kota Singkawang. Hal tersebut dikarenakan, renovasi kompleks Masjidil Haram yang sampai saat ini belum selesai.

Jawani berharap renovasi itu segera selesai, sehingga Pemerintah Arab Saudi bisa menambah 20 persen lagi kuota haji untuk Kota Singkawang. "Sehingga, bisa mengurangi daftar tunggu haji khususnya di Kota Singkawang," harapnya.

Ditempat terpisah, Kepala Bagian (Kabag) Administrasi Kesra Pemkot Singkawang, Suryanto berharap, semoga fasilitas dan daya tampung jemaah haji di Arab Saudi bisa segera bertambah, sehingga kuota haji juga bisa bertambah seperti beberapa tahun yang lalu.

Menurut dia, berkurangnya kuota haji dalam beberapa tahun terakhir ini sangat erat kaitannya dengan kebijakan Pemerintah Arab Saudi yang sedang melakukan penambahan fasilitas yang sampai saat ini belum selesai.

Dirinya mendapat kabar, jika renovasi itu akan selesai pada tahun 2016. "Mudah-mudahan, tahun 2016 renovasinya selesai, sehingga bisa normal kembali," harapnya. 

(KR-RDO/R010)

Pewarta: Rudi dan Rendra Oxtora

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015