Sekadau (Antara Kalbar) - Peserta pilkada Kabupaten Sekadau sepakat untuk kampanye yang damai dan berintegritas.
"Kita meminta para kandidat untuk beritikad menciptakan pemilukada yang aman dan tertib. Karenanya, masing-masing kandidat mampu mengendalikan simpatisannya agar tak membuat keonaran. Menjaga kamtibmas tanggungjawab kita semua,” kata Wakapolres Sekadau Kompol Catur Prasetyo.
Kesepakatan itu dilaksanakan pada Sabtu (29/8) pagi. Tiga pasangan calon (paslon) peserta pemilu masing-masing Pensong-Kristian Amon, Rupinus-Aloysius dan Simson-Paulus Subarno hadir secara bersamaan. 
Ketiga kandidat ini diberikan kesempatan untuk menyampaikan orasi singkat dengan durasi lebih kurang delapan menit per paslon.
Waktu yang diberikan dimanfaatkan oleh masing-masing paslon dengan sebaik mungkin untuk menyampaikan visi misi serta orasi politiknya.
Para kandidat juga sepakat melaksanakan kampanye dengan damai dan berintegritas. Kesepakatan itu dituangkan dalam sebuah baliho yang ditandatangani masing-masing paslon serta ketua KPU, Panwaslih, kepolisian dan Asisten I Setda Kabupaten Sekadau. 
Perang jargon dan yel-yel mewarnai agenda yang dihelat di aula Penanjung Island itu.
Masing-masing simpatisan tak mau kalah menyerukan jargon-jargon untuk menyemangati kandidat jagoan mereka. Walaupun begitu, pelaksanaan kampanye damai tetap berlangsung aman dan kondusif.
Sementara itu Ketua Panwaslih Kabupaten Sekadau, Marselinus Oktavianus mengingatkan para kandidat untuk tidak berbuat curang. 
"Panwaslu tidak akan pandang bulu dalam menindak setiap bentuk pelanggaran pemilu oleh kandidat manapun. Kami akan tindak setiap pelanggaran tanpa pandang bulu,” ujarnya.

Pewarta: Gansi

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015