Putussibau (Antara Kalbar) - Kasi Sarana Komunikasi dan Desiminasi Informasi (SKDI) Dishubkominfo Kapuas Hulu Budi Arnando mengatakan, penarikan sejumlah Mobil Pusat Layanan Internet Kecamatan (MPLIK) di daerah itu masih terkendala dengan rusaknya fisik mobil tersebut.  
    
"Karena mobil dalam keadaan rusak berat," ujar Budi di Putussibau, Senin
      
Saat ini, sambung Budi, seluruh pengelola MPLIK sudah menyerahkan kepada pihak ketiga untuk proses perbaikan. "Mobil sedang service, karena memang ada yang rusak berat tidak bisa jalan. Perbaikan itu dibebankan kepada pihak ketiga," kata Budi.
      
Tujuh unit MPLIK di wilayah Kapuas Hulu itu awalnya dibagikan untuk enam kecamatan, tiga untuk daerah utara yakni kecamatan Batang Lupar, Badau dan Puring Kencana. Tiga unit lainnya dialokasikan untuk tiga kecamatan di selatan yakni Mentebah, Boyan Tanjung, Hulu Gurung dan satu unit lagi untuk kantor dinas perhubungan komunikasi dan informatika (Dishubkom Info) kapuas hulu.
      
Namun karena pemanfaatan MPLIK di beberapa kecamatan tersebut tidak efektif, Pemda melalui Dishubkominfo Kapuas Hulu pada 2013 lalu mengambil kebijakan dengan mengalihfungsikan MPLIK ke sejumlah sekolah dalam kota Putussibau yakni, Asrama Putra Karya Budi Putussibau, MAN Putussibau, SMKN 2 Putussibau, SMAN 2 Kedamin, SMP3 Siut, SMPN 5 Putussibau Utara, Kantor Kecamatan Mentebah.
     
"Sekarang baru diinformasikan kepada pengelola kalau sudah service untuk segera mengantarkan MPLIK tersebut ke Dishub," tambah Budi.
    
Dikatakan Budi, setelah ditarik dan mobil bisa dioperasikan, maka Dishubkominfo akan mengembalikannya kepada pengelola untuk dimanfaatkan lagi.  "Kedepan segera memperbaiki, setelah ditarik disini diproses, kalau sudah baik dikembalikan ke pengelola," ujar dia.
      
Budi mengaku, fasilitas kelengkapan dalam mobil masih bisa berfungsi, seperti Genset, Laptop, Komputer server, meja dan perangkat penunjang lainnya.  "Perangkat masih bisa digunakan, hanya jaringan yang sudah habis masa kontrak. Alat dalam mobil baik semua," ungkapnya.

Pewarta: Andre

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015