Makassar (Antara Kalbar)- Para peserta dari sejumlah daerah di Indonesia mulai berdatangan untuk mempersiapkan diri menghadapi kejuaraan nasional pencak silat Piala Rektor Unhas VIII di GOR Universitas Hasanuddin, 10-16 Oktober 2015.

"Peserta kejurnas Rektor Cup Unhas 2015 mulai ada hari ini. Selanjutnya para peserta akan mengikuti pendaftaran ulang dan timbang badan untuk menentukan kelas yang diikuti," jelas Pengurus UKM Pencak Silat Unhas sekaligus penitia kejurnas, Rusman di Makassar, Sabtu.

Berdasarkan data sementara dari panitia, kata dia, kejuaraan ini siap diikuti sebanyak 300 peserta dari berbagai daerah seperti dari Banten, Sumatera Selatan (Palembang), Kalimantan dan beberapa provinsi di Pulau Jawa.

Sementara untuk Sulawesi Selatan akan diikuti sejumlah pesilat dari berbagai kabupaten/kota se-Sulsel. Pihaknya mengaku masih membuka pendaftaran hingga hari ini sehingga jumlah peserta masih memungkinkan bertambah.

Pihak pelaksana sebelumnya menargetkan bisa mendatangkan sebanyak 500 pesilat untuk mengikuti ajang tahunan tersebut. Target itu berdasarkan jumlah peserta pada pelaksanaan sebelumnya yang memang cukup banyak diikuti.

"Untuk pertandingannya sendiri akan dimulai pada 12 Oktober nanti. Rencananya yang membuka secara resmi pelaksanaan kejurnas 2015 ini yakni Wakil Rektor III Unhas Abd Rasyid Jalil," katanya.

Pada 2014, pelaksanaan Kejurnas tahunan ini tidak dilaksanakan karena bertepatan dengan agenda Pekan Olahraga Daerah (Porda) XV di Kabupaten Bantaeng, Sulsel.

Sementara pada pelaksanaan Piala Rektor VII 2013 diikuti sebanyak 220 pesilat yang berasal dari berbagai daerah seperti Makassar, Maros, Luwu, Bantaeng, Ternate, Maluku Utara, dan Sumatera.

Sedangkan untuk wakil pulau Jawa yang yang sebelumnya siap berpartisipasi terpaksa membatalkan diri karena terkendala masalah anggaran.

Untuk juara pada 2013 direbut Universitas Negeri Makassar (UNM) A dan Kabupaten Bantaeng sukses menjadi juara umum kategori mahasiswa dan pelajar Kejuaraan Nasional Piala Rektor 2013 di Gedung Registrasi Universitas Hasanuddin, 23-26 September.

UNM A tampil sebagai yang terbaik kategori mahasiswa setelah mengumpulkan 10 medali emas, dan emat perak. Perolehan medali UNM A lebih baik dari Tim UNM B yang berada di posisi kedua dengan perolehan satu emas, tiga perak, dan empat medali perunggu.

Adapun di peringkat ketiga diraih Tim Poltek Padang yang mengoleksi satu emas, satu perak dan satu perunggu.

Sementara dari kategori pelajar, Tim Pencak Silat Kabupaten Bantaeng sukses sebagai juara umum setelah mengumpulkan medali terbanyak yakni empat emas, dua perak dan satu perunggu.

Pewarta:

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015