Pontianak (Antara Kalbar) - Ratusan prajurit Kodam XII/Tanjungpura menggelar aksi bersih-bersih saluran air dan pembuatan tanggul. Kegiatan yang digelar Jumat (30/10), selain untuk mengantisipasi genangan dan banjir juga mewabahnya penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) seiring terjadinya perubahan iklim.
    Prajurit Kodam ikut adalah yang baru menempuh pendidikan baik Tamtama, Bintara, dan Perwira yang nantinya akan bergabung di satuan jajaran Kodam XII/Tpr. Saat ini juga masih melaksanakan pembinaan tradisi dalam rangka masuk satuan, yang dipimpin Komandan Latihan Mayor Inf Dody Darmawan.
    Sementara itu, sasaran kegiatan pembersihan dibagi tiga sektor. Pertama  satu Kompi di wilayah latihan Rasau Jaya, satu Kompi melakukan pembersihan saluran air dan satu Kompi pembuatan tanggul sepanjang kurang lebih satu kilometer di Sungai Desa Parit Baru, Kecamatan  Sungai Raya.
    Dody mengatakan, kegiatan ini memang harus dilakukan secara rutin. "Saya yakin jika seluruh prajurit atau warga terutama yang bermukim di sekitar pinggiran sungai menyadari arti kebersihan dan bebas dari sampah yakin akan jauh dari penyakit yang namanya DBD, karena selama ini air ini digunakan untuk sehari-hari. Makanya saat inilah waktunya kita bersama-sama peduli terhadap lingkungan, jangan membuang sampah di sembarangan tempat terutama di kali atau di saluran air," ajaknya.

Pewarta:

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015