Putussibau (Antara Kalbar) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kapuas Hulu telah menginstruksikan ke seluruh PPK supaya memantau dan melakukan pemetaan wilayah yang berpotensi banjir.
"Untuk banjir, kita lakukan pemetaan, kita sudah menyurati PPK supaya memantau iklim di daerah masing-masing," ucap Komisioner KPU Kabupaten Kapuas Hulu Awang Ramlan Iskandar di Putussibau, Kamis.
Saat ini pihaknya juga sedang melipat surat suara. "Sekarang sedang dalam proses sortir, lipat dan pengepakan dengan melibatkan masyarakat yang sudah terlibat pelipatan surat suara pada Pemilu-pemilu sebelumnya," ungkap Awang.
Awang menargetkan, pelipatan surat suara selesai pada 22 November. Selanjutnya tinggal didistribusikan ke Panitia Pemilih Kecamatan (PPK) Tanggal 1-3 Desember.
"Prioritas distribusi untuk Kecamatan Putussibau Selatan, Hulu Kapuas dan Silat. Intinya untuk daerah yang sulit dijangkau," kata dia.
Awang optimis jika kondisi cuaca masih seperti sekarang, maka distribusi untuk daerah yang ditempuh melalui jalur sungai berjalan lancar.
"Karena sudah mulai musim hujan, seperti daerah danau, saya rasa tidak mengalami kendala," kata Awang.
Ditambahkannya, distribusi surat suara tersebut melibatkan sekretariat KPU, kemudian pihak kepolisian untuk pengamanan.
Dikatakan Awang, surat suara itu untuk mengisi 785 Tempat Pemungutan Suara (TPS). "Surat suara sebanyak 2,5 persen cadangan, untuk mengantisipasi Pemilu ulang. Bukan putaran kedua," ujar dia.

Pewarta: Andre

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015