Singkawang (Antara Kalbar) - Pemerintah Kota Singkawang akan memperluas cakupan pelayanan dengan memperbanyak Tempat Pembuangan Sampah (TPS) di kota itu di tahun 2016.

"Di tahun 2016, rencananya akan kita perluas lagi cakupan pelayanan dengan memperbanyak TPS-TPS di wilayah kecamatan Kota Singkawang," kata Kepala Bidang Kebersihan, Dinas Kebersihan dan Perumahan Kota Singkawang, Syukur di Singkawang, Senin.

Selama ini, katanya, TPS yang ada di Kota Singkawang dirasakan masih kurang. Lantaran baru mencapai 40 persen dari jumlah penduduk yang kita layani.

"Sekarang totalnya baru berjumlah sebanyak 64 TPS. Rencananya di tahun 2016, mau kita tambah lagi sebanyak enam TPS, dan armada kontainer sampah sebanyak empat unit," ujarnya.

Syukur menyebutkan, sebanyak enam unit TPS nanti akan dibangun di dua kecamatan, yakni Singkawang Tengah dan Singkawang Barat. Dipilihnya dua kecamatan tersebut, lantaran memiliki penduduk yang sangat padat.

Syukur menilai, jika kesadaran masyarakat dalam membuang sampah sudah cukup baik. Dengan ditambahnya sebanyak enam unit TPS nanti, kesadaran masyarakat akan semakin meningkat. Kemudian, lanjutnya, dengan disahkannya Perwako tentang persampahan di tahun 2016 nanti, maka jadwal pembuangan sampah ke dalam TPS akan segera diberlakukan.

"Jadwalnya dari jam 17.00 sampai 07.00 wib," katanya.

Dengan demikian, ke depan dia berharap, masyarakat bisa membuang sampah di TPS sesuai jadwal yang sudah ditentukan.

(KR-RDO/E001)

Pewarta: Rudi dan Rendra Oxtora

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015