Singkawang (Antara Kalbar) - Tagana dan BPBD Kota Singkawang mulai mempersiapkan berbagai hal untuk mengantisipasi banjir, menanggapi intensitas curah hujan yang menyelimuti Singkawang akhir-akhir ini dirasakan cukup tinggi.

"Sehubungan dengan itu, masyarakat diminta waspada seandainya terjadi banjir. Tagana siaga 1 untuk sekarang ini dan siap menjalankan tugas sesuai tupoksinya," kata Ketua Korwil Taruna Siaga Bencana (Tagana) Singkawang, Zulfian Agus di Pontianak, Jumat.

Jika hujan deras, pihaknya menurunkan personil untuk melakukan pemantauan di sejumlah daerah yang rawan banjir.

Menurut dia, ramalan BMKG Kalbar sudah jelas, bahkan diprediksi banjir besar akan dialami Singkawang.

Hal itu bisa terjadi, karena faktor alam. Di samping itu, cuaca ekstrem bukan hanya dialami Negara Indonesia, tetapi juga di seluruh dunia.

"Salah satunya, Negara Amerika Serikat. Saat ini mengalami banjir besar," katanya.

Terkait dengan itu, dia mengimbau kepada masyarakat untuk selalu waspada, dan rutin menggelar kegiatan bersih-bersih di sekitar lingkungan.

"Walaupun hal tersebut tidak akan menutup terjadinya banjir di Kota Singkawang. Namun, bersih-bersih sangat penting dilakukan," katanya.

Sementara Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Singkawang, Burhanuddin mengatakan saat ini pihaknya sudah mempersiapkan segala kebutuhan yang diperlukan apabila terjadi banjir di kota itu.

"Berbagai persiapan sudah kita lakukan, bahkan kita juga sudah menyurati lurah dan camat guna mengantisipasi banjir," katanya.

Di samping itu, BPBD juga rutin melakukan sosialisasi ke masyarakat. Dan melakukan pembentukan relawan peduli banjir dengan berkoordinasi dengan dinas terkait, untuk menyiapkan logistik, peralatan dan makanan.

Apabila hujan deras, pihaknya juga selalu melakukan monitoring ke daerah-daerah rawan banjir.

Sementara Bejo, warga Singkawang, meminta ke pihak-pihak terkait harus tanggap melakukan pencegahan dini.
Bagi masyarakat yang selalu menjadi korban banjir, diharapkan waspada dan mau mengungsi ke tempat yang aman.

Memang, katanya, akhir-akhir ini curah hujan yang terjadi di Kota Singkawang cukup tinggi. "Jadi kita harus waspada," ujarnya. 

(KR-RDO/F003)

Pewarta: Rudi dan Rendra Oxtora

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015