Sungai Raya (Antara Kalbar) - Pemerintah Kabupaten Kubu Raya bersama Kodam XII Tanjung Pura di Kalimantan Barat, melakukan latihan bersama untuk penanggulangan bencana yang difokuskan di Kecamatan Rasau Jaya.

"Kegiatan ini juga didukung oleh BPBP Provinsi Kalimantan Barat dan BPBD Kubu Raya. Latihan ini kita lakukan untuk mempersiapkan kesiapsiagaan petugas penanggulangan bencana seperti Banjir, Kebakaran Hutan dan Lahan serta bencana tanah longsor," kata Bupati Kubu Raya, Rusman Ali di Sungai Raya, Minggu.

Rusman Ali mengatakan, kegiatan latihan bersama tersebut sangat penting dilakukan untuk memastikan kesiapsiagaan semua pihak dalam mengatasi dan menanggulangi bencana alam, yang bisa terjadi kapan saja dan dimana saja.

"Sudah menjadi kewajiban kita untuk melakukan pelatihan ini, untuk kesiapsiagaan dan penanggulangan serta penanganannya," tuturnya.

Lanjut Rusman Ali, dirinya berharap dalam pelatihan yang digelar, selain sebagai kesiapsiagaan dalam penanggulangan bencana bagi petugas, juga sebagai pengujian dan masukan mengenai mekanisme pedoman dan protap penanggulangan bencana di masyarakat.

Selain itu, kata Rusman Ali, kegiatan pendidikan dan pelatihan yang digelar bertujuan untuk menjalin kebersamaan antara TNI POLRI dan Petugas Sipil, dan seluruh pemangku kebijakan dan penanggulangan bencana alam, pasalnya, penanggulangan bencana adalah kerja gotong royong yang membutuhkan kebersamaan oleh semua unsur terkait.

"Intinya dalam kegiatan ini bagaimana mereka mampu berkomunikasi dengan baik dan memanfaatkan sumber daya yang ada, yang selanjutnya dengan sumber daya itu dapat dikerahkan untuk menanggulangi bencana tersebut," tuturnya.

Dia juga mengatakan, Pemerintah berkewajiban melindungi masyarakat dari ancaman bencana alam apa saja.

"Kegiatan simulasi penanggulangan bencana kebakaran, merupakan wujud kesiapansiagaan dalam rangka mengurangi kerugian akibat bencana tersebut, dan dalam hal ini wajib disiapkan oleh pemerintah dengan menggandeng seluruh stakeholder untuk mempersiapkan penanganan bencana di Kabupaten Kubu Raya," ujarnya. 

(KR-RDO/N005)

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015