Singkawang (Antara Kalbar) - PLN Area Singkawang akan mengadakan Program Panjat Tiang Sampai Tuntas (Pantas) yang akan dimulai pada tanggal 1 Desember 2015.

"Dalam rangka menyambut Pilkada serentak yang jatuh pada 9 Desember 2015, serta Hari Natal dan Tahun Baru 2016, kita akan menggelar program Pantas. Program Pantas ini bertujuan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat," kata Manajer PLN Area Singkawang, Darmadi di Singkawang, Selasa.

Menurutnya, program kerja yang dimaksud, berfokus pada perbaikan jaringan yang memerlukan pemeliharaan, agar keandalan dan kontinuitas pelayanan terhadap pelanggan dapat terjaga, serta memperkecil kemungkinan gangguan akibat kegagalan peralatan maupun akibat faktor teknis lainnya.

Selain dari gangguan teknis, katanya, pada umumnya gangguan banyak dari sisi non-teknis. "Hingga bulan November saja banyak gangguan-gangguan yang didominasi oleh pohon-pohon," tuturnya.

Untuk mewujudkan keandalan dan kenyamanan kita bersama, lanjutnya, PLN Area Singkawang mengimbau kepada masyarakat dikarenakan banyaknya gangguan akibat dari pohon, untuk ke depannya apabila ada program pemangkasan pohon yang menyentuh jaringan di mohon partisipasi aktif dari masyarakat untuk kerja samanya dalam penanganan pemangkasan pohon yang menyentuh jaringan.

Sehingga, apabila jaringan padam akibat satu pohon saja bisa dipastikan daerah yang padam sangat luas sekali dan semua kegiatan operasional akan terganggu akibat dari padamnya aliran listrik.

Dia juga mohon maaf atas kejadian padam yang terjadi akhir-akhir ini dikarenakan beban puncak sistem Khatulistiwa/Siskat sebesar 247,9 MW.

"Manajemen PLN Area Singkawang juga meminta maaf atas kejadian padam yang terjadi akhir-akhir ini dikarenakan beban puncak sistem Khatulistiwa/Siskat sebesar 247,9 MW. Sedangkan daya mampunya sebesar 186,8 MW dan adanya gangguan dari Pembangkit di sistem Khatulistiwa sehingga mengalami defisit daya sebesar 61,1 MW," ujarnya.

Untuk itu, katanya, tujuan kegiatan PANTAS (Panjat Tiang Sampai Tuntas) ini upaya dari meminimalisir gangguan baik dari sisi teknis maupun non-teknis sehingga ke depannya jaringan bisa handal dan terjaga kontinuitas pelayanannya.

Sementara PLN Rayon Bengkayang melaksanakan apel kesiapsiagaan di Bengkayang, jelang Pilkada serentak (9/12), Natal dan Tahun Baru 2016.

"Apel PANTAS (Panjat Tiang Sampai Tuntas) ini dimulai pada pukul 08.00 tanggal (1/12)," kata Manajer Rayon Bengkayang, Filbert Jonathan.

Apel itu, katanya, dilakukan sekaligus pembukaan pemeliharaan terpadu pada penyulang Sudirman yang menyuplai sebagian Bengkayang. Sementara pekerjaannya, meliputi pemangkasan dan penggantian sambungan kabel.

Kegiatan ini dilakukan bersama oleh Pelayanan Teknik Rayon Singkawang Kota, Rayon Sungai Duri dan Rayon Bengkayang.

"Diharapkan dengan pemeliharaan jaringan terpadu kehandalan suplai listrik saat Pilkada, Natal dan Tahun Baru bisa aman terkendali. Kecuali memang ada kendala force majure atau gangguan alam," ujarnya.

(KR-RDO/N005)

Pewarta: Rudi dan Rendra Oxtora

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015