Putussibau (Antara Kalbar) - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kapuas Hulu Lisma Roliza memastikan proses pencoblosan 9 Desember kemarin berjalan lancar.
    "Tidak ada kendala yang menghambat. Sekarang posisinya sudah berada di PPK untuk rekap. Hanya laporan TPS dari daerah  Hulu Kapuas yang kita belum tahu, karena baru tiba di PPK hari ini," ujar Lisma Roliza di kantornya, Kamis
    Lisma menambahkan, perhitungan yang sudah dilaksanakan baru dari PPK Bika' sementara yang lainnya masih dalam proses. "Rekap tinggal menyalin hasil perhitungan di TPS," jelasnya.
    Dikatakan Lisma, tahap perhitungan di PPK akan berlangsung dari tanggal 10-16 Desember. "Masing-masing PPK mengatur alokasi waktu, karena jumlah TPS yang berbeda," ucapnya.
    Ia melanjutkan, bagi yang tidak terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) sudah di akomodir dengan memilih menggunakan KTP. "Ada yang tidak masuk dalam DPT tapi bisa memilih menggunakan KTP," ulasnya. Saat ini KPU Kapuas Hulu kata Lisma sedang proses memasukan entri data ke website KPU.
    Sementara rekap di KPU akan berlangsung dari tanggal 16-18 Desember.  "Namun bisa juga mulai tanggal 17 Desember. Nanti kita bagi waktunya," jelasnya.
    Lisma juga mengaku hingga saat ini belum potensi melaksanakan Pilkada ulang.
    Ia mengimbau agar masyarakat tetap tenang, karena data perhitungan perolehan suara masing-masing pasangan calon yang akurat akan nampak real count di KPU. "Maka saya harap bisa saling menjaga, melihat real count di KPU. Masyarakat juga bisa mengakses di website Pilkada Kapuas Hulu, itu resmi KPU. Kita terus upload," katanya.
    Berdasarkan formulir C1 di TPS, sekarang jumlah suara yang masuk dari tadi malam baru sekitar 3 persen.

Pewarta: Andre

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015