Pontianak  (Antara Kalbar) - Pemerintah Kota Pontianak melalui Dinas Pertanian Perikanan dan Kehutanan setempat mengajak dan menggalakkan masyarakat gemar makan ikan melalui "gemarikan emas" (gerakan makan ikan yang enak, murah, aman dan sehat) untuk ibu hamil dan balita usia 0 hingga tiga tahun.

"Sejak diluncurkannya gerakan `gemarikan emas` akhir November 2015, kami hingga saat ini terus mensosialisasikan gerakan makan ikan kepada masyarakat," kata Kepala Bidang Perikanan Peternakan, Dinas Pertanian Perikanan dan Kehutanan Kota Pontianak, Sudirman Ismail di Pontianak, Senin.

Ia menjelaskan, "gemarikan emas" memiliki makna suatu gerakan yang dilaksanakan untuk memasyarakatkan makan ikan yang enak, murah, aman dan sehat terutama bagi ibu hamil dan anak-anak yang berusia di bawah tiga tahun.

"Sebab saat usia anak 0 - 3 tahun, merupakan periode emas bagi pertumbuhan anak, agar anak tumbuh sehat, cerdas dan kuat yang akhirnya dapat menjadi generasi baru yang unggul, adaptif, hebat dan handal yang bertakwa kepada Allah SWT dan berintegritas," ujarnya.

Menurut dia, ikan selain mudah didapat, juga murah, enak, nutrisi yang terkandung di dalam ikan baik untuk kesehatan, diantaranya mengandung vitamin, mineral, serta protein yang tinggi untuk pertumbuhan anak, dibandingkan daging ataupun ayam.

Sementara itu, slogan dan logo "gemarikan emas" untuk si buah hati ini sendiri berdasarkan keputusan wali Kota Pontianak No. 675/d-ppk/tahun 2015 tentang penetapan slogan dan logo "gemarikan emas" untuk si buah hati.

Ia berharap, tahun 2016 mendatang program ini lebih dapat dikampanyekan di masyarakat atau di sekolah, sehingga menjadi kebiasaan baru baik untuk siswa dan guru untuk mengkonsumsi ikan.

"Karena ikan banyak memiliki manfaat yang luar biasa tersebut, sehingga terjadi peningkatan taraf derajat kesehatan anak-anak khususnya dan masyarakat Kota Pontianak pada umumnya," kata Ismail.

(U.A057/N005)

Pewarta: Andilala

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015