Pontianak (Antara Kalbar) - Sebanyak 1.890 pramuka mengikuti Lomba Antar Gugus Depan Panji Camp XXV se-Kalbar, dalam rangka HUT Gugus Depan 01.043 - 01.044 Pangeran Anom - Hajjah Rangkayo Rasuna ke-25, di halaman SMAN 1 Singkawang, Minggu.
"Antusias peserta sangat luar biasa, karena jumlahnya setiap tahun semakin bertambah," kata Ketua Kwartir Cabang Singkawang, Syech Bandar saat membuka lomba tersebut.
Kepada SMAN 1 Singkawang, katanya, selaku penyelenggara kegiatan harus bertindak obyektif, netral dan profesional. "Siapapun yang menjadi juara, maka tetapkanlah dia sebagai juara, jangan mentang-mentang kita sebagai tuan rumah, lalu kita yang dapat," pesannya.
Dengan bertindak obyektif, netral dan profesional, maka orang tidak akan merasa kapok datang ke Singkawang. "Tunjukkan, jika kualitas kita semakin tahun semakin luar biasa," pintanya.
Dia berharap, selama pelaksanaan lomba cuaca selalu bersahabat. "Mudah-mudahan selama pelaksanaan lomba cuaca tidak hujan," harapnya.
Sementara Ketua Sangga Kerja LAGD Panji Camp 2015, Devi Pradina mengatakan, lomba antar Gugus Depan Panji Camp XXV se-Kalbar ini digelar selama empat hari, dari tanggal 27 sampai 30 Desember 2015.
Kegiatan lomba itu, katanya, mengangkat tema pramuka yang berkarya dan kreatif menuju Indonesia gemilang.
Dia menyebutkan, total keseluruhan yang mengikuti lomba ada sebanyak 1.890 pramuka, yang berasal dari tujuh kabupaten/kota.
"1.890 pramuka itu, meliputi 942 pramuka penggalang dan 948 penegak," jelasnya.
Acara pembukaan itu juga diselingi dengan prosesi senjata pusaka ambalan dan pengguntingan pita balon oleh Kwarcab dan penyematan tanda peserta serta penyerahan piala bergilir tingkat penggalang dari gugus depan 01.037 - 01.038 SM Tsafioedin - HOUR Rasuna Said Pangkalan SMP Negeri 3 Singkawang dan tingkat penegak dari gugus depan 01.003 - 01.004 Adi Jaya - Dara Itam Pangkalan SMPN 2 Mempawah Hilir, serta penyerahan piala bergilir Panji Award untuk tingkat penegak dari Gugus Depan 01.055 - 01.056 KH Agus Salim - Dewi Sartika Pangkalan MA Ushuluddin Singkawang kepada Kwarcab Singkawang.

Pewarta: Rendra Oxtora dan Rudi

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015