Putussibau (Antara Kalbar) - Sekretaris Daerah Kabupaten Kapuas Hulu M Sukri menekankan agar Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga bertindak tegas kepada guru yang sering meninggalkan tempat tugas. 
Menurut Sukri, dirinya sudah banyak mendapat laporan maupun informasi terkait guru-guru di wilayah Kapuas Hulu yang tidak mau bertugas di daerah penempatan.
"Guru yang tidak menjalankan tugas perlu dievaluasi, jika memang tidak mau lagi bertugas lebih baik pensiun dini, berikan sanksi disiplin bila perlu kita berhentikan," tegasnya saat membuka Porseni Kecamatan Putussibau Selatan. 
Sekda memang tidak menyebutkan berapa banyak dan siapa-siapa guru yang demikian. Namun dirinya mengaku ada beberapa daerah di Kapuas Hulu ini terjadi demikian, seorang guru tidak bertugas di tempat tugasnya. 
"Meskipun tidak semuanya tetapi ada guru nakal seperti itu, padahal sewaktu menjadi PNS sudah menandatangani surat pernyataan siap ditempatkan dimana saja, bahkan mengucapkan sumpah janji jabatan, begitu ditugaskan malah tidak bertugas," ujarnya. 
Oleh sebab itu, dirinya mengimbau agar seluruh PNS khususnya guru untuk bersikap disiplin dan profesional dalam menjalankan tugas. "Kita memang memahami kondisi serta alasan-alasan mereka tidak mau bertugas, tetapi saya rasa yang namanya tugas abdi negara, mau tidak mau dimanapun ditugaskan, apa yang menjadi kewajiban harus dilaksanakan sebab kita juga sudah digaji negara," pungkasnya. 

Pewarta: Timo

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016