Nanga Pinoh (Antara Kalbar) - Kafilah asal kecamatan Pinoh Utara berhasil menjadi yang terbaik dalam perhelatan MTQ VI Tingkat Kabupaten Melawi di Ella Hilir.
Kecamatan Pinoh Utara pun berhak membawa pulang piala juara umum dalam penutupan MTQ pada Sabtu malam.
Pj Bupati Melawi, Hatta menutup gelaran MTQ yang telah berlangsung selama lima hari ini. Hatta juga menyerahkan piala juara umum kepada Camat Pinoh Utara, Yusseno setelah kafilahnya berhasil meraih medali terbanyak dibandingkan dengan kecamatan-kecamatan lainnya.
Hatta mengatakan, kegiatan MTQ mempunyai makna khusus dalam kehidupan sosial kemasyarakatan dan keagamaan.
Dimana dengan kegiatan MTQ ini dapat memperdalam pengamalan ajaran agama dan nilai-nilai yang terkandung di dalam Al Quran untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
"Sehingga diharapkan menjadi wahana dalam upaya meningkatkan tali persaudaraan dan silaturahmi antar sesama manusia," ungkapnya.
Dilanjutkan Hatta, dalam kegiatan MTQ tentu ada yang kalah dan ada yang menang. Yang terbaik dalam ajang ini diharapkan supaya lebih giat lagi, karena akan mendapatkan tantangan yang lebih besar dan akan mewakili Melawi pada pelaksanaan MTQ tingkat provinsi.
"Dengan menang pada MTQ tingkat Kabupaten ini, memiliki peluang untuk mengangkat nama Melawi pada MTQ tingkat provinsi yang akan diselenggarakan di Kubu Raya," ucapnya.
Melawi, kata Hatta, juga berharap apa yang telah diraih oleh Kabupaten Melawi pada MTQ tingkat provinsi tahun 2012 yang lalu dapat direbut kembali pada MTQ tingkat provinsi yang ke XXVI di Kubu Raya mendatang.
"Kami berharap Melawi kembali berhasil meraih Juara Umum tingkat Provinsi Kalbar," ujarnya.
Sementara itu Ketua LPTQ Melawi, Hinduansyah mengatakan MTQ yang setiap dua tahun dilaksanakan mulai dari tingkat kecamatan, kabupaten, provinsi hingga ke tingkat nasional ini merupakan agenda wajib masyarakat.
Tidak hanya berdampak positif bagi peningkatan keimanan seseorang melainkan juga memberikan dampak sosial dan memiliki nilai maslahat bagi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan beragama.
MTQ ini selain untuk meningkatkan kecintaan kepada agama, juga untuk meningkatkan kepekaan sosial sebagai sebuah alternatif syiar agama yang memberikan dampak positif bagi terciptanya sumber daya manusia yang Qurani dan berakhlakul karimah.
"Hasil rapat LPTQ Kabupaten dengan LPTQ Kecamatan di Ella Hilir ini, telah ditetapkan Kecamatan Belimbing Hulu sebagai tuan rumah pelaksanaan MTQ tingkat Kabupaten Melawi ke-VII mendatang," ujarnya.
Berdasarkan perolehan mendali, dari 11 kecamatan yang menjadi peserta MTQ tingkat kabupaten tersebut, yang berhasil meraih juara umum adalah Kecamatan Pinoh Utara, setelah itu disusul oleh Kecamatan Nanga Pinoh, Ella Hilir, Sayan, Belimbing, Pinoh Selatan, Tanah Pinoh Barat, Tanah Pinoh, Sokan, Menukung, dan terakhir Kecamatan Belimbing Hulu.
MTQ ini kemudian ditutup dengan pesta kembang api yang meriah.

Pewarta: Eko

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016