Pontianak (Antara Kalbar) - Pemerintah Kota Pontianak menjanjikan akan memberikan beasiswa pendidikan untuk melanjutkan ke perguruan tinggi bagi siswa SMA/sederajat dengan nilai tertinggi atau masuk ranking lima besar nasional dalam ujian nasional.

"Saya berharap, ada peserta UN tingkat SMA/sederajat yang nilainya masuk lima besar," kata Wali Kota Pontianak, Sutarmidji saat memberikan motivasi kepada seluruh siswa kelas XII SMAN 1 Pontianak, Senin.

Ia menjelaskan, selama kepemimpinannya sebagai Wali Kota Pontianak dua periode, hampir seluruh bidang sudah berhasil diraih Pemkot Pontianak, bahkan tidak sedikit penghargaan yang diterima.

"Hanya satu obsesi saya yang belum tercapai, yaitu ada siswa Pontianak yang masuk ranking lima besar nasional dalam UN," ungkapnya.

Menurut dia, bagi siswa yang berhasil meraih prestasi itu, Pemkot akan membiayai pendidikannya di perguruan tinggi hingga selesai. Meskipun dia menilai para siswa pada dasarnya sudah siap menghadapi UN, namun mereka harus diberikan motivasi supaya mendapat nilai terbaik dan mampu menunjukkan prestasi di tingkat nasional.

Kesiapan dari para siswa dalam menghadapi UN, dinilai Sutarmidji, tidak perlu diragukan. Namun masih ada rasa ketakutan yang berlebihan jelang menghadapi UN, dan hal-hal tersebut menurutnya tidak perlu ditakutkan sebab ujian itu bukan sebagai suatu beban, melainkan tantangan yang harus dihadapi.

"Hanya orang yang tidak pernah lari dan takut akan tantangan yang akan berhasil," katanya.

Ia meminta para orang tua siswa tidak membatasi apa yang sudah menjadi kebiasaan anak-anaknya sepanjang masih bersifat positif seperti kegemaran anak pada suatu olahraga, menonton televisi dan lain sebagainya.

Bila masih ada orang tua membatasi hal yang sudah menjadi kebiasaan yang dilakukan anak dalam keseharian, dikhawatirkan akan mempengaruhi kerja otak kecilnya dan sulit untuk menyesuaikan kembali, katanya.

(A057/N005)

Pewarta: Andilala

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016