Nanga Pinoh (Antara Kalbar) - Bupati Melawi Panji melantik jajaran pengurus Tim Penggerak PKK Kabupaten Melawi di Pendopo Rumah Jabatan dan berpesan agar PKK bisa membantu pemerintah dalam program pemberdayaan masyarakat dan keluarga.
    "PKK yang baru saat ini bisa memberikan semangat yang positif. Anggota PKK juga harus memahami bahwa PKK merupakan gerakan pemberdayaan masyarakat melalui pemberdayaan keluarga sejahtera," katanya.
    Panji juga mengingatkan agar tim penggerak PKK Melawi bisa ikhlas dalam menjalankan amanah. Ia juga menyakini bahwa PKK Melawi mampu menjalankan 10 program PKK yang mendorong kemandirian bagi keluarga-keluarga di Kabupaten Melawi.
    "PKK ini semi pemerintah, jadi gerakan PKK harus diorganisir dan diprogramkan di SKPD yang terkait dengan pemberdayaan masyarakat," katanya.
    Soal sumber finansial, Panji menyarankan agar PKK bisa membangun koordinasi dan bekerja sama dengan instasi SKPD dimana programnya dijalankan PKK tapi dianggarkan di dalam SKPD tersebut.
    "PKK bisa mendapatkan dana dari APBD atau melalui program kegiatan yang ada di SKPD dan selaras dengan program PKK," jelasnya.
    Sementara itu, Ketua TP PKK Melawi, Nurbetty Eka Mulyastri Panji mengungkapkan banyaknya program impiannya yang ingin dijalankannya dalam organisasi PKK.
    "Kita punya motto relationship by heart. Jadi membangun kebersamaan dengan hati, bersama masyarakat, ibu-ibu yang ada di desa agar nantinya mereka bisa menjadi keluarga yang sejahtera," katanya usai dilantik.
    Sejumlah program juga sudah dijalankannya, seperti kunjungan ke sejumlah SMP dan SMA untuk memotivasi anak didik yang akan menghadapi ujian nasional bulan depan.
    Wanita yang akrab disapa Astrid pun memaparkan satu program kerja kreatif yang ingin ia jalankan dalam waktu dekat, yakni penyuluhan terkait keahlian orang tua yang rencananya akan bekerja sama dengan Bhayangkari.
    "Kami ingin mengajak ibu –ibu untuk sadar, bahwa tugas utamanya ibu atau istri tidak bisa digantikan. Kita berikan semangat pada mereka, kita ingin  perempuan lebih pandai dalam berkarya," katanya.

Pewarta: Susila

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016