Putussibau (Antara Kalbar) - Sekolah Guru Indonesia Dompet Dhuafa kembali menggelar pelatihan optimalisasi kualitas sekolah  dengan literasi, dilaksanakan di Mts Attaqwa Selimbau, Kabupaten Kapuas Hulu.

Pelatihan ini dihadiri oleh puluhan guru yang berasal dari berbagai sekolah di Kecamatan Selimbau di antaranya SD Negeri 01, SD Negeri 02, SD Negeri 03, SD Negeri 04, SD Negeri 14 Engkrengas, MTs Attaqwa Selimbau dan MTs Attaqwa Filial Engkrengas.

Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas guru sebagai pendidik yang akan mencerdaskan anak bangsa. Yang bertema "Design Pembelajaran Aktif" yang diawali dengan pembuatan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP).

Dari puluhan guru yang mengikuti pelatihan ini hanya ada tiga orang guru yang pernah membuat RPP ketika mereka mengajar. Salah satu guru SD Negri 14 Engkrengas, Asni, mengatakan bahwa RPP itu sangat sulit diterapkan sekolah dasar.

Sementara pemateri pelatihan tersebut, Ali mengatakan bahwa RPP itu tidak membuat guru kesulitan tapi malah membantu untuk melaksanakan pembelajaran, karena RPP membuat guru sistematis dalam  melaksanakan pembelajaran dan pembelajarannya menjadi asyik dan menyenangkan. 

Sedangkan, Guru konsultas Sekolah guru indonesia Dompet Dhuafa, Hamidun mengatakan bahwa pelatihan ini sangat diminati para guru, terlihat dari para guru yang hadir sangat meningkat dibandingkan dengan pelatihan sebelumnya. 

Para guru berharap pelatihan ini terus berlanjut karena mereka jarang mendapatkan pelatiahan dan merekan juga merasakan adanya perubahan cara mengajar setelah mengikuti pelatihan ini. 

Guru konsultan dompet dhuafa juga berharap agar para guru tidak berhenti untuk selalu belajar untuk memperbaiki cara mengajarnya pembelajarannya menyenangkan. (rilis/SGI/N005)

Pewarta:

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016