Nanga Pinoh (Antara Kalbar) - Bupati Melawi Panji meminta para pelajar bisa memahami arti bela negara, sebagai bukti cinta kepada negeri ini.
   
"Bela negara ini tidak hanya diartikan dalam sektor pertahanan dan keamanan atau dengan mengangkat senjata, tetapi juga mampu berprestasi di bidang akademik, bahkan membawa nama harum negara karena berprestasi di bidang seni budaya juga disebut bela negara," katanya.
   
Dikatakan Panji, para pelajar yang merupakan bagian dari generasi muda Indonesia mestinya memaknai arti bela negara dengan luas terutama adalah bagaimana nantinya generasi muda ini bisa menjadi generasi yang menggantikan para pemimpin di masa mendatang.
  
"Siap-siaplah menyambut estafet hidup bernegara. Kami orang tua tidak bisa terus tampil. Tampil di dunia politik, ada batasnya. Adik-adik jangan pernah berpikir, saya orang lemah, saya orang miskin, apalah yang bisa saya buat. Siaplah untuk hadir menjadi generasi yang akan tampil pada masa depan," pesannya.
   
Panji juga mengingatkan agar generasi muda di Melawi bisa menjauhi narkoba, mengamalkan Pancasila serta terus belajar untuk meraih cita-cita. "Karena masa depanmu ada ditanganmu sendiri," ingatnya.
  
Dilanjutkan Panji, terkait bela negara, walau negara Indonesia memiliki perangkat keamanan terdiri dari Polri dan TNI, tapi mereka adalah orang yg diperintahkan negara berhadapan dengan musuh negara dengan tantangan yg terlihat.
  
"Dari sisi bela rakyat yang lain juga tak boleh kurang menyadarinya. Bela negara ini mutlak, darimana kekuatan negara itu lahir, karena kesadaran rakyatnya generasi mudanya. Tidak sekedar pada aparat negara," katanya.
   
Sosialisasi kesadaran bela negara ini digelar Badan Kesbangpol Provinsi Kalbar. Ketua Panitia Linawati mengatakan, sosialisasi peningkatan kesadaran bela negara ini di ikuti 75 peserta yang terdiri dari pelajar dan pramuka serta dewan guru, dengan menghadirkan pemateri dari Kodim 1205/Sintang, Polres Melawi,  dan Badan Kesbangpol Provinsi. 
   
"Tujuan kegiatan ini yakni pentingnya menanamkan  kesadaran, pemuda dan pelajar  untuk memahami arti bela negara. Sehingga  mewujudkan ketahanan nasional pertahanan negara melalui pemberdayaan masyarakat," jelasnya

Pewarta: Susila

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016