Putussibau (Antara Kalbar) - Sebanyak 20 pelajar dari 10 SMA yang ada di Kabupaten Kapuas Hulu mengikuti kegiatan wawasan kebangsaan yang dipusatkan di Kabupaten Sintang. Keberangkatan rombongan pelajar ini dilepas oleh Wakil Bupati Kapuas Hulu Antonius L. Ain Pamero di halaman Kantor Bupati Kapuas Hulu, Selasa pagi.
    Kepala Bagian Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Sekretariat Daerah Kapuas Hulu, Kamarsyah mengungkapkan bahwa pelajar yang mewakili Kapuas Hulu ini merupakan pelajar yang memiliki prestasi 10 besar di sekolahnya masing-masing, sehingga mereka mudah bergaul serta dapat menyampaikan informasi daerah Kapuas Hulu dalam kegiatan wawasan kebangsaan di Sintang.
    " Kegiatan ini sangat positif untuk menanamkan wawasan kebangsaan bagi kau muda, serta pengamalan Pancasila dan pendidikan moral bagi anak bangsa,"jelasnya.
   Wakil Bupati Kapuas Hulu, Antonius L. Ain Pamero menyampaikan bahwa temu wawasan kebangsaan atau pembauran anak bangsa ini merupakan moment paling baik, sehingga kedepan generasi muda tahu wawasan bangsa, dan pengamalan Pancasila, dalam bela negara. "Ini jarang terjadi, sehingga Pemerintah Kapuas Hulu sangat mendukung," katanya.
    Menanggapi hal tersebut Tokoh Kapuas Hulu, Agus Mulyana mengatakan bahwa pemahaman wawasan kebangsaan memang sangat perlu disosialisasikan, mulai dari pendidikan formal tingkat TK sampai perguruan tinggi.
    "Saya melihat kelemahan saat ini pada tataran kurikulum dimana Pendidikan Moral Pancasila sudah tidak ada, meskipun pelajaran PPKN ada namun bukan penekanan moral, menanamkan wawasan kebangsaan bukan sekadar menghafal lambang negara atau urutan Pancasila, tetapi wajib diterapkan dalam kehidupan sehari-hari," ucap Agus yang juga mantan Wakil Bupati Kapuas Hulu itu.
    Oleh sebab itu, dirinya sangat mendukung kegiatan wawasan kebangsaan untuk generasi muda, sehingga masyarakat memahami dan tertanam wawasan kebangsaan untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Pewarta: Timo

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016