Bengkayang (Antara Kalbar) - Indonesia dikenal sebagai negara yang kaya akan makanan dan minuman lezat serta sehat. Tak mengherankan kalau kuliner Indonesia jawara di tingkat dunia dengan memanfaatkan bahan pangan lokal.
    PIA Ardhya Garini, organisasi Persatuan Isteri Prajurit TNI Angkatan Udara Pangkalan Udara Singkawang II di Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat, juga ikut berkreasi dengan bahan pangan lokal.
    Salah satunya dengan membuat makanan dengan bahan ubi ungu dan minuman pendamping yang menyehatkan badan yaitu serai, daun kelor, daun pandan dan kayu manis.  
    Kegiatan ini dibawah asuhan Ketua PIA AG Cab 18/D 1 Lanud Singkawang II Ny. Maya Sumantri Hidayat didampingi Ketua Organisasi Ny Ruris Joko Suwanto.
    Pengolahan makanan dan minuman ini persembahan dari seksi ekonomi yang diketuai oleh Ny. Eko priyono dan pengurus Ny. Untung Budiyono dan Ny. Santoso saat pertemuan rutin bulanan dengan pengurus , anggota Pia Lanud Singkawang II dan ibu-ibu Anggota Para Perhimpunan Purnawirawan Angkatan Udara (PPAU), Selasa (12/4).
    Ubi ungu merupakan bahan yang mudah didapat. Ubi juga memiliki serat cukup tinggi, didalamnya terkandung anti oksidan untuk menangkal radikal bebas, terdapat pula vitamin A, B1, C. Sedangkan manfaat minuman rempah-rempah yaitu untuk pencegah kanker, menurunkan gula darah, antioksidan, perut kembung, menurunkan tekanan darah tinggi, mengatasi diabet, untuk menjaga kesehatan jantung, rematik dan bagi wanita serai bermanfaat meringankan kram pada saat datang bulan.  
    Ubi ini jika direbus atau digoreng itu sudah biasa. Namun PIA AG Lanud Singkawang II cukup terampil dalam hal masak-memasak. Ubi diolah dengan resep nugget ikan ubi ungu dan puding ubi ungu serta minuman rempah, serai, daun kelor, daun pandan dan kayu manis. Sajian ini cukup menarik untuk keluarga kita, dan bisa juga dikembangkan serta dijual untuk menambah ekonomi keluarga.

Pewarta: Letda Semadi*

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016