Pontianak (Antara Kalbar) - Humas Kantor SAR Pontianak Untung menyatakan, pihaknya bersama instansi terkait memperluas lokasi pencarian empat penumpang tug boat Karya Makmur Jaya Abadi II yang tenggelam, Selasa (19/4) di kawasan Muara Jungkat, Sungai Kapuas, yang hingga kini belum ditemukan.
"Hingga kemarin, kami memperluas pencarian, dan hari ini pencarian juga terus dilakukan," kata Untung di Pontianak, Jumat.
Ia menjelaskan, Kamis (21/4) pihaknya melakukan pencarian di empat titik koordinat, yakni 0.15`22"S - 108.50` 54" E; kemudian di titik 0.07`02"S - 108.50` 54"E; dititik 0.07`02"S - 109.10` 34" E, dan dititik koordinat 0.15`22"S - 109.10` 34" E.
"Dari pencarian itu, kami masih belum menemukan keempat penumpang tub boat yang tenggelam, yakni atas nama Henggar Tasan Kamantian, Zuldonri, Dani Eko Bahari, dan Arohman Nurkhafid Romadon. Sementara itu dua penumpang yang selamat, yakni atas nama Edo (26), dan Jini (27)," ungkapnya.
Ia menambahkan, dari keterangan dua penumpang yang selamat, tug boat tersebut tenggelam karena faktor cuaca, yakni gelombang yang cukup tinggi.
Sebelumnya, Untung menyatakan, tug boat tersebut dinakhodai oleh Tino Tino Hardiyanto, yang berangkat dari pelabuhan Dwikora Pontianak dengan tujuan muara Jungkat.
Tug Boat tersebut rencananya akan membantu Kapal TB Karya Baru yang menggandeng tongkat Sahabat Kapuas Mandiri yang datang dari Tanjung Priok, untuk memasuki alur pelayaran Sungai Kapuas Pontianak.
Untung menambahkan, dalam pencarian empat penumpang yang hilang tersebut, pihaknya mengerahkan dua kapal penyelamat, yakni Kapal RB 214 didukung 14 personil, dan Kapal RB 417 dengan dukungan 50 personil, dari TNI-AL juga mengerahkan satu unit Kapal Angkatan Luat, dan Reader, dan Ditpolair Polda Kalbar mengerahkan satu unit Kapal Randean.

Pewarta: Andilala

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016