Pontianak  (Antara Kalbar) - Pemerintah Kota Pontianak, Kalimantan Barat, berencana akhir April 2016 membangun kembali Pasar Tengah yang terbakar pada tanggal 21 Agustus 2015.

    "Untuk sementara pedagang di kawasan Pasar Tengah harus pindah ke tempat yang telah disediakan," kata Kepala Dinas Perindustrian, Peradagangan Koperasi, dan UKM Kota Pontianak Haryadi di Pontianak, Minggu.

    Ia menjelaskan secara bertahap para pedagang di kawasan Pasar Tengah akan pindah ke sekitar Pasar Cempaka, Kapuas Indah.

    Ada sekitar 206 pedagang yang terdiri atas 148 pemilik kios di kawasan Jalan Batang Hari dan 58 pedagang kaki lima di kawasan itu, selanjutnya pindah ke sekitar Pasar Cempaka Kapuas Indah.

    Menurut dia, pemindahan para pedagang harus dilakukan secepatnya karena pembangunan sebentar lagi akan dimulai.

    "Ada sekitar seribu lebih pedagang yang ada di kawasan Pasar Tengah, tetapi tahap pertama baru sekitar 206 pedagang yang akan dipindahkan ke tempat sementara," katanya.

    Pasar Tengah yang baru nantinya akan dibangun dua lantai yang terdiri atas tujuh blok.

    Sesuai dengan Standar Nasional Indonesia (SNI), kata dia, aktivitas pedagang harus bersih dan steril dari lokasi pembangunan.

    Menurut Haryadi, pembangunan kembali Pasar Tengah membutuhkan anggaran sekitar Rp60 miliar yang bersumber dari APBN.

    "Lama pembangunan sekitar 6 bulan. Dengan demikian, bisa ditempati oleh pedagang akhir tahun 2016," katanya.

    Haryadi mengimbau para pedagang agar kooperatif sehingga pemkot cepat melaksanaan pembangunannya dan pedagang bisa menempatinya.

Pewarta: Andilala

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016