Sukadana (Antara Kalbar) - PNS di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kayong Utara dan Provinsi Kalimantan Barat menggelar kegiatan gotong royong di Pantai Pulau Datok, Kecamatan Sukadana.
    Kegiatan ini bagi Pemkab Kayong Utara merupakan agenda rutin minggu ke 2 dan minggu ke 4 setiap bulan guna menyongsong suksesnya Sail Selat Karimata 2016 mendatang.
    Dalam kegiatan kali ini, turut serta diselenggarakan sosialisasi Sapta Pesona oleh Dinas Priwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Kalbar terkait dengan upaya tumbuhnya kembali kesadaran masyarakat untuk menumbuhkembangkan semangat Sapta Pesona.
    Mengingat dunia pariwisata di sebagian wilayah sudah terbukti menjadi salah satu penggerak perekonomian dan peningkatan kesejahteraan masyarakatnya.
    Kabid Pengembangan Pariwisata Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kalbar Natalia Karyawati mengatakan, salah satu destinasi pariwisata di Indonesia mempunyai potensi kepariwisataan yang cukup besar.
    Besarnya potensi pariwisata di Kalbar perlu dikembangkan dari berbagai aspek, mulai dari infrastruktur maupun sarana prasarananya yang sesuai dengan unsur Sapta Pesona yakni aman, tertib, sejuk, indah, ramah tamah dan kenangan.
    "Apalagi pada Oktober 2016 kita akan melaksanakan kegiatan Sail Selat Karimata yang dipusatkan di Kayong Utara, perlu dibangun selain infrastruktur juga prasarananya yang baik," kata Natalia.
    Dijelaskannya, pembangunan kepariwisataan merupakan integrasi antara pembangunan sarana dan prasarana daya tarik serta manusia di destinasi pariwisata.
    Oleh karenannya, sambung Natalia, dalam rangka pemberdayaan masyarakat destinasi pariwisata memiliki peran penting guna mewujudkan masyarakat yang sadar wisata.
    "Berdasarkan evaluasi kami, bahwa untuk menciptakan pariwisata sebagai salah satu komoditas andalan yang dapat memberikan kontribusi bagi daerah, memerlukan sinergisitas lintas instansi termasuk dukungan masyarakat untuk memantapkan sapta pesona," ujar dia.
    Wakil Bupati Kayong Utara Idrus mengatakan, kegiatan gotong royong yang dirangkaikan dengan Sapta Pesona sangatlah sesuai. "Salah satu bentuk upaya menumbuhkan dan menterjemahkan sapta pesona adalah dengan gotong royong," kata Idrus.
    Ia juga mengimbau, masyarakat di Kayong Utara dalam mensukseskan Sail Selat Karimata, untuk tetap menjaga keamanan, kebersihan dan keindahan lingkungan sekitarnya guna menampilkan kesan bahwa Kayong Utara merupakan daerah yang memiliki daya tarik tersendiri di bidang pariwisata.

Pewarta: Doel Wibowo

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016