Pontianak  (Antara Kalbar) - PT Telkom Witel Kalbar bersama Dinas Perindagkop dan UKM Kota Pontianak, Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Kalbar, serta para UKM Aloevera meresmikan Kampung UKM Digital Aloevera.

"Kampung UKM Digital Aloevera merupakan salah satu lokasi yang dibangun Telkom Indonesia dalam rangka mendigitalisasi 300 sentra UKM di Indonesia agar memiliki akses teknologi informasi," kata General Manager Telkom Kalbar, Bayun R Rohadi di Pontianak, Sabtu.

Ia menjelaskan, saat ini Indonesia telah memasuki MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN) untuk itu UKM di Provinsi Kalbar harus dibekali kemampuan dalam bidang teknologi informasi agar tidak menjadi penonton di negeri sendiri.

"Untuk itu Telkom Indonesia sebagai salah satu BUMN yang sangat peduli terhadap perkembangan UKM, membangun Kampung UKM Digital Aloevera dan fasilitas broadband learning center," ungkapnya.

Dengan adanya broadband learning center yang dilengkapi fasilitas internet kecepatan tinggi dan sarana komputer, diharapkan UKM di Kota Pontianak khususnya di Pontianak Utara yang banyak terkait usaha Aloevera, dapat mengakses informasi secara online dan melakukan promosi berbasis internet, sehingga produk aloevera dapat semakin dikenal ke seluruh Indonesia bahkan dunia, katanya.

Fasilitas internet di Kampung UKM Digital Aloevera dilengkapi indihome yang bisa memberikan akses internet hingga 10 Mbps dan tayangan TV digital useetv yang bisa merekam tayangan hingga tujuh hari dan gratis menelpon ke telepon rumah hingga 1.000 menit setiap bulan.

Sementara itu, perwakilan dari Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Kalbar, Anton S menyampaikan apresiasi kepada Telkom atas kiprahnya dalam perkembangan UKM di Kalbar serta mengusulkan agar lebih banyak sentra yang bisa mengakses internet cepat melalui jaringan indihome maupun wifi.id.

Hal senada juga diakui, Yusni dari perwakilan Dinas Perindagkop dan UKM Kota Pontianak, menyampaikan program Kampung UKM Digital selaras dengan program Pemkot Pontianak dalam rangka mendidik UKM agar lebih mengikuti perkembangan zaman.

Sementara itu, Sunani (Isun vera) yang merupakan volunteer Kampung UKM Digital mencoba mengakses sobat UKM di www.sobat-ukm.com, dimana Telkom menyediakan dedicated agent dan expert yang akan menjawab setiap solusi UKM, dilengkapi juga dengan digital interactif terkait tips berbisnis, solusi permasalahan bisnis, maupun tutorial seputar UKM.

Selain itu, para pelaku UKM juga dapat mengakses berbakai macam artikel seputar bisnis dan UKM.



Pewarta: Andilala

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016