Putussibau (Antara Kalbar) - Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Kapuas Hulu, Kalbar terus berupaya meningkatkan kompetensi guru dengan berbagai langkah yang dianggap relevan dan strategis hingga ke kecamatan pelosok untuk meningkatkan kualitas dunia pendidikan.

Sekretaris Disdikpora Kapuas Hulu, Jumran mengatakan salah satu langkah yang sudah dilakukan yaitu dengan melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) di kecamatan Jongkong, di wilayah Kapuas Hulu.

Kegiatan tersebut seperti Bimtek Penilaian Prestasi Kerja PNS, Penyusunan Penilaian Kinerja Guru (PKG) dan Penyusunan Daftar Usulan Angka Kredit Guru (DUPAK).

"Kami melaksanakannya di kecamatan sehingga semua guru dan kepala sekolah dapat mengikuti, harapan kedepan bisa dilaksanakan di sejumlah kecamatan lainnya di Kapuas Hulu," kata Jumran.

Kasubbag Personil dan Umum Disdikpora Kapuas Hulu,  M. Yamin menjelaskan Bimbingan Teknis itu diharapkan mampu memberikan pembekalan kepada guru maupun kepala sekolah dalam melakukan evaluasi dan penilaian terhadap kinerja guru di unit kerja masing-masing.

Selain itu juga kegiatan tersebut pada gilirannya mampu memfasilitasi rekan-rekan guru yang akan mengajukan kenaikan pangkat.

Sementara itu, Hambali narasumber dalam Bimtek mengatakan Disdikpora bertanggungjawab terhadap pelaksanaan proses pendidikan di Kabupaten Kapuas Hulu. Berkewajiban memberikan pelayanan secara optimal kepada tenaga Pendidik dan Kependidikan di sekolah. Baik dari sisi akademik, ketenagaan, maupun aspek yang lainnya. 

"Selama ini, proses usulan kenaikan pangkat sering dianggap sebagai sesuatu yang "mahal", atau sesuatu yang mengharuskan Guru mengeluarkan biaya untuk mendapatkan SK kenaikan pangkat. Dengan pelaksanaan kegiatan ini, tidak ada lagi biaya yang harus dikeluarkan, " kata Hambali. 

Pewarta: Timotius

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016