Sungai Raya (Antara Kalbar) - Kepala Dinas Cipta Karya Kabupaten Kubu Raya, Chariril Rachmi mengatakan rencana pembangunan Jembatan Kapuas 3 yang terletak di Desa Sungai Rengas, Kecamatan Sungai Kakap akan segera dibangun lebih indah dari jembatan Tayan dengan empat lajur kendaraan.
"Kita sudah melihat maket rencana pembangunannya. Rencananya badan jembatan itu akan dibangun dengan panjang 1,4 kilometer mulai muara Sungai Kapuas, dari titik Desa Sungai Rengas sampai di kawasan Jungkat, melewati Pulau Panjang kawasan Wajok Hilir, Kabupaten Mempawah," kata Chairil di Sungai Raya, Rabu.
Dia menjelaskan, nantinya jembatan itu akan dibuat untuk empat lajur kendaraan dan berdasarkan perhitungan dari Kementrian Perhubungan, jembatan itu akan dibangun dengan ketinggian 36 meter dari permukaan air sungai.
"Untuk tinggi keseluruhan jembatan 90 meter dan lebar empat lajur kendaraan. Ini akan dua kali lebar dari jembatan Tayan," tuturnya.
Dengan ketinggian dari permukaan air tersebut, nantinya jembatan itu bisa dilalui kapal seperti KM Lawit dan sejenisnya.
Rencana pembangunan jembatan Kapuas 3 diperkirakan akan menelan anggaran sebesar Rp7,3 triliun.
"Dari hasil studi yang dilakukan pihak Kementrian PU, diperkirakan anggaran yang diperlukan untuk pembangunan jembatan Kapuas 3 ini sebesar Rp1,3 triliun, sedangkan untuk pembebasan lahan dan pembangunan jalan menuju jembatan itu diperkirakan memerlukan anggaran Rp6 triliun," kata Wakil Ketua MPR, Oesman Sapta di Pontianak, Selasa.
Dia memastikan, pihaknya akan mendorong rencana pembangunan jembatan Kapuas 3 itu, karena sifatnya memang mendesak.
"Hari ini kita telah melakukan peninjauan langsung ke lapangan dan hasilnya akan kita sampaikan kepada rekan-rekan di MPR dan akan kita dorong kepada presiden agar ini bisa segera direalisasikan," kata Oesman Sapta saat melakukan kunjungan kerja di Kubu Raya dan Pontianak.

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016